RUPS-LB PT BSP, Iskandar Dilantik Sebagai Dirut Gantikan Bismantoro

Jumat, 13 Juli 2018 - 21:14 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

RUPS-LB PT BSP, Iskandar Dilantik Sebagai Dirut Gantikan Bismantoro Humas Riau

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bumi Siak Pusako (BSP) menetapkan Iskandar sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bumi Siak Pusako (BSP) menggantikan Bismantoro Prabowo. 

Pergantian jabatan Dirut BSP tersebut ditandai dengan serah terima jabatan yang langsung disaksikan Bupati Siak Syamsuar, sebagai pemegang saham mayoritas di perusahaan daerah bergerak dalam pengelolaan minyak bumi tersebut. 

Ada pun Iskandar sendiri sebelumnya, telah bersaing dengan dua calon Dirut lainnya melalui serangkaian Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK). 

Selain itu, RUPS-LB PT Bumi Siak Pusako juga merekomendasikan langkah efesiensi. Yakni, jabatan komisaris yang sebelumnya ada empat orang kini hanya tinggal satu orang saja. Begitu juga untuk jajaran direksi. Saat ini yang ada hanya ada Direktur Utama (Dirut) sedangkan untuk jabatan Direktur Keuangan dan IT ditiadakan.

"BSP akan melakukan efesiensi. Berkenaan dengan efesiensi itu, yakni semula ada Dirut, kemudian Direktur Keuangan dan IT. Tadi hanya tinggal Dirut saja, ke depan yang akan menata kelola manajemen perusahaan. Komisaris sebelumnya ada empat, kemudian tinggal satu orang juga," kata Asisten II Setdaprov Riau Masperi, usai menghadiri RUPS-LB PT BSP, Jumat (13/7/18) di Hotel Premiere Pekanbaru.

Mengerucutnya jabatan penting di PT BSP tersebut karena berbagai alasan. Hal itu dilakukan setelah melalui serangkaian kajian oleh para pemegang saham yang mayoritas dipegang Pemerintah Kabupaten Siak di atas 50 persen. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sendiri hanya berkisar 36 persen.
 
"Berdasarkan ketentuan berlaku ketika Direktur Utamanya tinggal satu, maka komisarisnya juga satu. Efesiensi dengan berbagai alasanlah," ujar Masperi.

Untuk jabatan Dirut BSP, telah dilakukan serah terima jabatan dari Bismantoro Prabowo kepada Iskandar sebagai pejabat yang baru. 

Pemegang saham mayoritas yang langsung dihadiri Bupati Siak telah mengamanahkan kepada manajemen yang baru agar segera membentuk tim untuk melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) kepada komisaris yang baru nantinya.

"Semua sudah sesuai ketentuan, tingal bagaimana hasil dari RUPS-LB yang telah dilaksanakan itu dijalankan," ujarnya.(mcr)

Jumat, 27 April 2018 - 21:14 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru