Baznas Siak Taja Latihan Kewirausahaan untuk 38 Mustahik Pedagang Keliling

Jumat, 10 Agustus 2018 - 04:31 WIB Ekbis

Berita Terkait

Baznas Siak Taja Latihan Kewirausahaan untuk 38 Mustahik Pedagang Keliling Diskominfo Siak Baznas kabupaten Siak bekerjasma dengan pihak kecamatan, Upz dan para penghulu Kampung melakukan pelatihan kepada 38 orang pelaku usaha yang berlangsung di aula Kantor Desa Tualang kecamatan Tualang, Kamis (9/8/2018).

SIAK, kabarmelayu.com - Salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian para mustahiik, khususnya pelaku usaha pedagan keliling, Baznas Kabupaten Siak melakukan program bantuan modal usaha bagi para mustahik yang memiliki komitmen untuk meningkatkan penghasilan  terutama pedagang keliling yang ada di kabupaten Siak.

Sebelum modal usaha di kucurkan, Baznas kabupaten Siak bekerjasma dengan pihak kecamatan, Upz dan para penghulu Kampung melakukan pelatihan kepada 38 orang pelaku usaha yang berlangsung di aula Kantor Desa Tualang kecamatan Tualang, Kamis (9/8/2018).

Hadir pada kesempatan itu, Camat Tualang Zalik Efendi sekaligus membuka secara resmi pelatihan kewirausahaan bagi Komunitas Pedagang Keliling, Ketua Baznas Kab Siak H Abdul Rasyid Suharto Pua Upa M.Ed dan rombongan, UPZ Tualang, dan Penghulu kampung Tualang.

Camat Tualang Zalik Efendi dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kecamatam Tualang mengucapkan terimakasih kepada pihak Baznas yang telah memberikan perhatian berupa bantuan modal usaha kepada masyarakat di kecamatan Tualang, guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Pada kesempatan ini, kami berharap kepada 38 Mustahik sebagai pelaku usaha yang tergabung dalam Komunitas Pedagang Keliling (KPK) akan mendapat bantuan modal usaha dari pihak Baznas, agar dapat mengikuti pelatihan kewirausahaan ini dengan sungguh-sunggah, agar nantinya usaha yang dijalankan bisa kembang dan meningkatnya penghasilan dari yang sesudahnya," ujarnya.  

Zalik berharap bantuan usaha yang diberikan bisa berhasil dan menjadi acuan bagi para pedagang atau pelaku usaha yang ada di kecamatan lain. Dia juga berharap agar para KPK yang telah dibantu oleh Baznas, kedepannya tidak lagi sebagai Mustahik, akan tetapi mereka telah menjadi Muzaki atau orang yang mengeluarkan zakatnya.

Ketua Baznas Kab Siak Abdul Rasyid Suharto mengatakan batuan modal usaha yang berikan kepada pelaku usaha merupakan program Baznas yang telah dialokasikan dalam zakat produktif, dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan para pelaku usaha atau Pedagang Keliling di kecamatan Tualang, dengan harapan nantinya mereka ini keluar dari garis kemiskinan.

Lebih lanjut disampaikan Rasyid, dana zakat yang tergabung dalam zakat produktif tersebut, tidak saja digunakan untuk para pedagang keliling semata, akan tetapi bagi siapa saja yang tergolong mustahik yang punya usaha, baik itu petani, usaha, maupun perikanan. "Kita bisa bantu, asalkan memenuhi syarat sebagai Mustahik," ulas Rasyid.

Dengan begitu lanjut Rasyid, dengan adanya pelatihan kewirausahaan KPK yang digelar di Kecamatan Tualang ini, setidaknya dapat mengikuti pelatihan, arahan dan petunjuk dari pembimbing, dengan harapan kedepan bisa jadi usahawan yang berhasil dan berpenghasilan banyak yang memadai, sehingga nanti bisa mengembangkan yang lebih besar lagi. (adi)

Jumat, 05 April 2017 - 04:31 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru