5 Tanda Mahasiswa Baru Harus Segera Bangun Relasi

Selasa, 20 November 2018 - 12:35 WIB Pendidikan

Berita Terkait

5 Tanda Mahasiswa Baru Harus Segera Bangun Relasi (Foto: Business Insider) Kegiatan Kampus

JAKARTA - Bagi banyak mahasiswa baru ketakutan beradaptasi dan menciptakan hubungan pertemanan terasa sulit. Hanya saja, seiring berjalannya waktu pasti akan membentuk kelompok pertemanan yang satu pemikiran, pergaulan, atau organisasi.

Sayangnya, hubungan ini tidak selamanya bisa bertahan atau hingga lulus kuliah nanti. Berikut ini tanda bahwa sudah waktunya untuk move on dengan teman kampus dan membangun relasi dengan orang lain, seperti dilansir dalam hercampus.com, Selasa (20/11/2018):

1. Berkomunikasi Melalui Media Sosial

Untuk menjalin suatu hubungan di era modern ini, berkomunikasi tidak harus selalu bertatap muka. Media sosial merupakan salah satu alat yang banyak digunakan untuk berkomunikasi.

Namun jika berkomunikasi melalui media sosial sudah tidak memungkinkan, perlu dievaluasi kembali hubungan pertemanan tersebut. Tidak semua hubungan bersifat permanen, terkadang lingkungan juga menjadi faktor utama renggangnya pertemanan.

2. Merasa Nyaman dengan Teman Baru

Membangun persahabatan di kampus itu mudah, hanya dengan bertemu sesering mungkin dan memiliki minat yang sama. Namun ketika sudah lulus dan memasuki dunia kerja, semua hal yang ada dalam kampus tidak bisa selamanya bertahan.

Katie salah seorang senior di Perguruan Tinggi mengatakan bahwa dia telah merasakan hubungan pertemanannya merenggang saat masuk tingkat 4.

“Kita harus bisa memahami bahwa persahabatan pasti akan berubah. Ketika diri kita dekat dengan orang lain berarti itu pertanda baik bahwa kita sudah membangun relasi dengan banyak orang, juga menjadi pribadi yang lebih baik,” kata Katie.

3. Mereka Tidak Ada saat Dibutuhkan

Ketika lulus kuliah dan memasuki dunia kerja, hal-hal berat akan dialami karena akan memulai hari baru dan kegiatan yang baru. Dalam masa-masa ini, setiap orang butuh teman untuk menceritakan keluh kesahnya. Jika teman kampus sudah tidak ada lagi di saat seperti ini, tidak ada salahnya mulai bercerita dengan teman yang baru.

4. Mengambil Jalan yang Berbeda dari Teman Kampus

Setiap orang berhak menentukan karier, hubungan romantis, atau kehidupan pribadinya masing-masing. Meniru atau mengikuti kehidupan seseorang merupakan hal yang sulit dilakukan. Untuk itu tidak ada salahnya berjalan sendiri dan meninggalkan kehidupan teman-teman lainnya.

“Sangat sulit untuk tetap terhubung dengan sekelompok orang yang masa depannya akan berada di jalur yang benar-benar berbeda darimu. Saya siap untuk pindah ke mana saja demi masa depan. Saya tidak pernah berpikir negatif tentang aspirasi mereka, dan tetap harus berkomunikasi dengan mereka walaupun sulit,” ujar Cayla Pavlovec, spesialis media sosial lulusan Millersville University.

5. Menyadari Bahwa Persabatan tersebut Tidak Begitu Kuat

Lulus kuliah merupakan kesempatan untuk memulai hal-hal baru yang lebih baik. Persahabatan yang kuat adalah persahabatan yang bertahan dalam kondisi apapun. Apabila persahabatan renggang karena jarak dan waktu, ketahuilah bahwa persahaban itu tidak begitu kuat.


(okezone.com)

Selasa, 28 Juni 2017 - 12:35 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru