Waduh Ngeri! Virus Corona Mematikan dan Bisa Bermutasi

Rabu, 22 Januari 2020 - 23:17 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Waduh Ngeri! Virus Corona Mematikan dan Bisa Bermutasi (AP Photo/Mark Schiefelbein) Foto: Virus Corona di China.

JAKARTA - Sebuah virus yang disebut virus Corona muncul di China dan telah menewaskan sembilan orang, menjangkit ratusan orang dan bahkan telah menyebar ke Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari AFP, Rabu (21/1/2020), pihak otoritas China memperingatkan, bahwa virus ini bisa bermutasi menjadi bentuk lain dan mudah menyebar. Virus ini memiliki ciri-ciri mirip SARS ke penderitanya. SARS telah menewaskan hampir 650 orang di seluruh China dan Hong Kong pada 2002-2003.

Menjelang Tahun Baru China di akhir pekan ini, ratusan juta orang berpergian di seluruh China. Komisi Kesehatan Nasional negara tersebut mengumumkan tentang risiko penyebaran penyakit tersebut dan melakukan langkah pencegahan, termasuk ruang sterilisasi di bandara dan terminal bus, hingga di dalam pesawat dan kereta.

Wilayah Wuhan, China, menjadi pusat dari penyebaran virus ini. Sejumlah acara besar dibatalkan, bahkan pertandingan sepakbola dipindah ke lokasi baru.

"Ada kemungkinan terjadi mutasi virus dan penyebaran yang makin luas: kata Wakil Menteri Kesehatan China, Li Bin.

Sejauh ini, virus tersebut telah menjangkit ke 440 orang di China, mayoritas berlokasi di Wuhan. Sebanyak 1.394 orang sedang dalam observasi medis terkait virus ini.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah melakukan pertemuan darurat hari ini, untuk membahas harus dideklarasikan sebagai sebuah kondisi darurat kesehatan karena virus tersebut. Sejauh ini, virus baru ini terdeteksi ada di AS, Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Macau.

"Kami akan terus melakukan usaha riset untuk mengidentifikasi sumber virus dan transmisi penyebarannya. Banyak kasus terhubung dengan Wuhan," ujar Li.

Sejumlah ahli di Komisi Kesehatan Nasional China mengonfirmasi bahwa virus ini menular antar manusia. Namun, binatang disebut sumber utama virus ini. Ada yang mengatakan virus ini datang dari pasar yang menjual binatang liar secara ilegal. Kemudian virus itu beradaptasi dan bermutasi.

(cnbcindonesia.com)

Rabu, 17 Maret 2020 - 23:17 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru