Simpanan Orang Kaya di Bank Meningkat

Rabu, 22 Januari 2020 - 23:31 WIB Ekbis

Berita Terkait

Simpanan Orang Kaya di Bank Meningkat (CNN Indonesia/Safir Makki). LPS menyebut masyarakat yang memiliki tabungan di bank dengan kisaran Rp500 juta hingga Rp1 miliar bertambah.

JAKARTA - Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) menyebut masyarakat yang memiliki tabungan di bank dengan kisaran Rp500 juta hingga Rp1 miliar bertambah. Data LPS menunjukkan jumlah orang yang memiliki simpanan tersebut tumbuh 8,3 persen.

Persentase tersebut paling tinggi di antara kategori lainnya. Pasalnya, untuk pemilik simpanan di bawah Rp500 juta cenderung melambat yakni 6,4 persen secara tahunan di akhir tahun lalu.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengungkap rekening di bawah Rp500 juta melambat karena sejalan dengan melemahnya pertumbuhan pendapatan.

"Memang awal tahun lalu, meningkat sejalan dengan kebijakan pemerintah melakukan countercyclical. Lalu kebijakan ekonomi banyak program sosial yang menjaga penurunan pendapatan masyarakat," ujarnya, Rabu (22/1).

Sementara itu, pemilik tabungan di atas Rp2 miliar pun mengalami pertumbuhan sebesar 6,3 persen.

LPS pun melihat pergerakan perpindahan dana masih dalam batas normal, tidak ada penarikan dana berlebihan.

Hal tersebut tercermin pada indikator kestabilan perbankan yang menunjukkan penurunan ke indeks 99,92 atau kondisi perbankan stabil.

Penjaminan LPS sendiri dengan kondisi saat ini mencakup 99,91 persen dari seluruh total rekening simpanan yang ada. Bila dihitung nominal, nilai simpanan yang mencapai Rp3.272 triliun. Penjaminan LPS sendiri mencakup 53,84 persen.

Rabu, 12 September 2016 - 23:31 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru