Koramil 15/Kuala Kampar Kodim 0313/Kpr Dan Polsek Sosialisasi Cegah Virus Corona

Minggu, 15 Maret 2020 - 12:03 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Koramil 15/Kuala Kampar Kodim 0313/Kpr Dan Polsek Sosialisasi Cegah Virus Corona Koramil15/KK

PELALAWAN, kabarmelayu.com - Terjadinya penyebaran Virus Corona atau Covid-19 menjadi momok yang menakutkan karena sudah terjadi insfeksi terhadap ribuan orang di ratusan negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kejadian tersebut membuat berbagai kalangan melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Kegiatan sosialisasi antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) juga dilakukan hingga ke tingkat kecamatan dan desa oleh Upika dan aparat tingkat kecamatan di daerah.

Kecamatan Kuala Kampar yang berada di Pulau Mendol daerah pesisir Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau melalui Personel Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar, Personel Polsek Kuala Kampar, Unsur Kecamatan Kuala Kampar, Damkar Kecamatan Kuala Kampar, Puskesmas Kuala Kampar juga turut melakukan langkah-langkah antisipasi pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Hari Sabtu 14 Maret 2020 Aparat di tingkat kecamatan Kuala Kampar sepakat untuk bekerjasama melakukan kerja bakti melakukan sosialisasi, pembersihan, penyemprotan desinfektan di komplek perkantoran maupun di tempat umum dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan bersih.

Kerja Bakti dalam rangka mencegah dan sosialisasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) kepada masyarakat ini
mengusung tema "Bersih Untuk Sehat".

Aparat di tingkat kecamatan dibawah koordinasi pihak kesehatan siap mensosialisasikan dan mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) di Kuala Kampar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh aparat tersebut, berupa mengugah kesadaran masyarakat akan pentingnya antisipasi penyebaran Virus Corona, pemasangan spanduk soal informasi COVID-19 di tempat umum.

Perlunya mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada para seluruh Kepala Desa di Kabupaten Pelalawan, membentuk Tim Pendamping serta Badan Permusyawaratan Desa dan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa untuk bersama sama mendukung Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka penanggulangan penyebaran Virus Corona.

Dampak sosial dan ekonomi yang destruktif dapat dihindari jika seluruh elemen pemerintahan di kabupaten dan kota hingga tingkat desa, sudah mengetahui upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona.

Danramil 15/Kuala Kampar Kapten Arh Aswin Sembiring berpendapat bahwa pentingnya seluruh elemen pemerintahan desa untuk melakukan sosialisasi langsung secara berkala ke masyarakat terkait upaya penanggulangan, antisipasi dan pencegahan penyebaran virus, dengan senantiasa mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih, sehat dan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun. Itu dilakukan guna memberikan rasa aman kepada seluruh elemen masyarakat.

Untuk mencegah kesimpangsiuran informasi dan menangkal hoax terkait penyebaran Virus Corona di Provinsi Riau, telah tersedia
jalur hotline  0761 23810 dibawah Dinas Kesehatan yang dapat dihubungi setiap saat.

Kita harus percaya pada kemampuan tenaga Medis yang kita miliki dalam merespons dampak Virus Corona secara dini, namun masyarakat harus tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyebaran Virus Corona. (*)

Minggu, 09 Agustus 2020 - 12:03 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru