Olimpiade Ditunda, Para Atlet Veteran Terancam Gagal Tampil

Kamis, 26 Maret 2020 - 21:58 WIB Sport

Berita Terkait

Olimpiade Ditunda, Para Atlet Veteran Terancam Gagal Tampil (AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez) Harapan Roger Federer tampil di Olimpiade 2020 bisa tak terwujud.

JAKARTA - Olimpiade 2020 di Tokyo terpaksa ditunda karena darurat pandemi virus corona di dunia. Penundaan itu pun bisa menjadi isyarat buruk bagi para atlet veteran, mereka terancam gagal tampil di ajang itu.

Olimpiade 2020 sedianya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Namun, ajang itu diundur dan direncanakan digelar pada pertengahan 2021.

Tentu saja hal ini semakin menipiskan peluang para atlet gaek yang masih ingin di ajang multicabang tersebut. Dikutip dari AFP, nama-nama itu antara lain petenis putra Roger Federer, petenis putri Serena Williams, pegolf dunia Tiger Woods, pebulutangkis senior Lin Dan, pelari wanita asal Amerika Serikat, Allyson Felix, termasuk sprinter Justin Gatlin.

Federer sendiri bakal beranjak 40 tahun pada 2021. Pengoleksi 20 gelar Grand Slam itu pernah meraih emas Olimpiade 2008 di Beijing ketika berpasangan dengan Stanislas Wawrinka pada sektor ganda putra.

Pada Olimpiade 2012 di London, Federer hanya meraih medali perak 2012 di London. Dia absen di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro karena mengalami cedera.

Federer pun sebelumnya mengatakan Olimpiade 2020 bakal menjadi laga perpisahannya sebelum undur diri di ajang tersebut. Namun, gelaran itu diundur dan kemungkinan petenis asal Swiss itu tak bisa tampil.

Di dunia tenis, tunggal wanita Serena Williams juga terancam batal tampil karena Olimpiade 2020 diundur tahun depan. Williams bakal memasuki usia 39 jika Olimpiade 2020 digelar pertengahan 2021.

Meski ambisinya tidak sebesar Federer, Williams masih ingin meraih emas kelima di Olimpiade 2020. Total empat emas yang pernah diraih dia pada ajang tersebut.

Berikutnya ada nama pegolf asal Amerika Serikat, Tiger Woods. Woods sudah 46 tahun pada Desember tahun depan. Wood harus bersaing ketat untuk masih tim Amerika Serikat di Olimpiade 2020.

Saat ini peringkatnya berada di posisi keenam di Amerika Serikat, dan butuh berada di posisi empat besar untuk bisa masuk tim Paman Sam di Olimpiade 2020.

Kehadiran Woods disebut-sebut amat dinanti di Olimpiade 2020 setelah dia absen pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Serena Williams masih ingin tampil di Olimpiade 2020. (Clive Brunskill/Getty Images/AFP)

Di dunia badminton, tunggal putra China Lin Dan juga disebut masih berambisi tampil di Olimpiade 2020 Tokyo. Usianya sudah 37 tahun depan.

Lin Dan pernah menyabet medali emas pada Olimpiade 2008 di Beijing. Empat tahun kemudian, dia juga berhasil meraih emas pada Olimpiade di London.

Upaya Lin Dan untuk meraih emas ketiga di Olimpiade bisa jadi pupus karena faktor usia.

Dua pelari asal Amerika Serikat juga kemungkinan hanya akan menatap Olimpiade 2020 sekadar angan-angan. Mereka adalah pelari wanita Allyson Felix dan sprinter putra Justin Gatlin.

Felix akan memasuki 35 tahun pada akhir tahun ini. Dia pernah mencatatkan sejarah meraih enam medali emas Olimpiade.

Olimpiade 2020 bakal menjadi yang kelima kalinya tampil di ajang multicabang baginya. Namun, keinginannya itu bisa jadi tak terwujud.

Sementara itu, Gatlin sempat bertekad menjadikan Olimpiade 2020 sebagai perpisahan baginya. Total sudah empat kali Olimpiade dia lakoni. Harapan Gatlin untuk tampil di Olimpiade Tokyo pun bisa tertutup karena usianya sudah 39 pada tahun depan.

(CNNIndonesia.com)

Kamis, 29 November 2019 - 21:58 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru