PBNU Tegaskan Salat Id di Rumah selama Pandemi Virus Corona

Rabu, 13 Mei 2020 - 18:46 WIB Muslim

Berita Terkait

PBNU Tegaskan Salat Id di Rumah selama Pandemi Virus Corona (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono) PBNU menegaskan agar salat Id dilakukan di rumah masing-masing selama pandemi virus corona. Ilustrasi

JAKARTA - Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas mengatakan pihaknya tetap mengimbau umat Islam, khususnya warga nahdliyin, untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah masing-masing saat pandemi virus corona (Covid-19).

Robikin menjelaskan sikap tersebut masih sama dengan Surat Edaran Nomor 3953/C.I.034/04/2020 tanggal 3 April 2020. Umat Islam diminta melaksanakan ibadah, termasuk salat Id, di rumah sesuai protokol Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

"Prinsipnya kan jelas itu, selama masa pandemi itulah panduan peribadatannya, baik untuk peribadatan Ramadan, maupun peribadatan saat Idul Fitri," kata Robikin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (13/5).

PBNU berpendapat ada unsur bahaya dari pandemi virus corona. Sebab itu, kata Robikin, umat Islam diminta menghindari bahaya dengan melakukan salat tarawih di rumah, salat Id di rumah, tidak mudik, dan silaturahmi online saat lebaran.

Robikin menuturkan PBNU dan ormas Islam lain hanya pada posisi memberikan anjuran beribadah di rumah selama pandemi. Sementara penentuan daerah mana saja yang boleh atau tidak boleh menggelar ibadah di tempat umum menjadi kewenangan pemerintah.

"Itu sudah bukan lagi wilayah ulama. Ulama, ormas, hanya itu tadi. Yang menentukan apakah daerah itu pandemi atau tidak, merah, kuning, hijau itu kewenangan umaro (pemerintah)," ujarnya.

Lebih lanjut, Robikin meminta pemerintah pusat dan daerah untuk segera menjalin komunikasi dengan para ulama guna membicarakan penyelenggaraan salat Id di daerah yang masuk zona merah, kuning, atau hijau penyebaran virus corona.

"Menyampaikan secara langsung kondisi daerahnya masuk zona merah, kuning, atau hijau. Sehingga ketika itu dilakukan, para ulama bisa memahami apa yang seharusnya dilakukan," katanya.

Sebelumnya, publik menyoroti kemungkinan salat Idul Fitri tetap digelar di masjid atau lapangan terbuka di tengah pandemi virus corona. Spekulasi ini muncul setelah Menteri Agama Fachrul Razi mewacanakan pelonggaran aktivitas di rumah ibadah.

Berdasarkan informasi yang diterima CNNIndonesia.com, Fachrul sedang menggelar rapat dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan perwakilan MUI terkait hal itu. Hasil rapat akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Doni Monardo sendiri kemarin menyatakan Ia menegaskan keputusan untuk menjalankan salat Id atau ibadah apapun akan sangat bergantung pada kondisi penyebaran corona. 

(CNNIndonesia.com)

Key Takeaways: Dominate the digital landscape with Smmsav.com and Followersav.com your go-to best SMM Panel in 2024 for affordable social media marketing solutions. Best Press release services in 2024 is Followersav and Smmsav boost your business with us. Smm panel Buy Spotify streams
Rabu, 28 September 2023 - 18:46 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru