Kabar Baik! Remdesivir Sukses Percepat Pemulihan Pasien Covid

Sabtu, 23 Mei 2020 - 20:49 WIB Iptek

Berita Terkait

Kabar Baik! Remdesivir Sukses Percepat Pemulihan Pasien Covid Foto: Gilead (AP/Ben Margot)

JAKARTA - Obat anti-virus Remdesivir, berhasil mengurangi waktu pemulihan pada pasien corona. Hasil ini diperoleh berdasarkan uji coba yang diterbitkan Jumat malam (22/5) seperti dikutip AFP, tiga minggu setelah pakar penyakit menular terkemuka AS mengatakan penelitian menunjukkan bahwa obat itu memiliki manfaat "nyata".

Sebelumnya, Amerika Serikat mensahkan penggunaan darurat Remdesivir di rumah sakit pada 1 Mei 2020, diikuti oleh Jepang, sementara Eropa mempertimbangkan hal yang sama.

Penelitian ini menemukan bahwa remdesivir, yang disuntikkan secara intravena (melalui infus) setiap hari selama 10 hari, mempercepat pemulihan pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit dibandingkan dengan uji plasebo (obat kosong) dalam tes klinis pada lebih dari seribu pasien di 10 negara.

Penelitian ini dilakukan oleh badan pemerintah AS, NIAID (Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS), dimana hasil lengkap dari penelitian telah diterbitkan oleh jurnal kedokteran terkemuka, New England Journal of Medicine.

(CNBCIndonesia.com)

Sabtu, 26 April 2020 - 20:49 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru