Pakai Masker Efektif Kurangi Penularan Corona, Nih Buktinya!

Selasa, 16 Juni 2020 - 12:59 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Pakai Masker Efektif Kurangi Penularan Corona, Nih Buktinya! (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Memakai Masker, Antisipasi Masuknya Virus Corona ke Indonesia.

JAKARTA - Sebuah studi terbaru menunjukkan pemakaian masker di pusat episentrum global atau zona merah mungkin telah mencegah puluhan ribu orang infeksi virus corona Covid-19.

Dalam studi yang dipublikasikan oleh PNAS: The Proceedings of National Academy Sciences of the USA menyebut bahwa mengenakan masker ternyata lebih penting untuk mencegah penyebaran virus ketimbang menerapkan social distancing atau tinggal di rumah.

Tren infeksi mulai bergeser secara dramatis ketika aturan mengenakan masker diterapkan pada 6 April di Italia utara dan 17 April di New York City. Di mana sebelumnya daerah di negara itu paling terpukul di dunia karena krisis kesehatan.

Ketika kebijakan memakai masker mulai berlaku di New York, tingkat infeksi baru turun sekitar 3 persen per hari. Di seluruh negeri, infeksi baru setiap hari terus meningkat.

Tindakan pencegahan kontak langsung, social distancing, karantina, isolasi, dan sering cuci tangan semuanya dilakukan sebelum aturan mengenakan masker diberlakukan di Italia dan New York City.

Upaya tersebut hanya membantu meminimalkan penularan virus melalui kontak langsung, sementara masker membantu mencegah penularan melalui udara, kata para peneliti.

"Fungsi unik penutup wajah untuk memblokir atomisasi dan inhalasi aerosol yang mengandung virus berperan dalam mengurangi infeksi secara signifikan," ujar penelitian tersebut seperti dikutip dari Asiaone, Selasa (16/6/2020).

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada hari Jumat mendesak penyelenggara pertemuan besar yang didalamnya ada aktivitas teriakan hingga menyanyi untuk menggunakan masker kain guna menurunkan risiko penyebaran virus corona.

(CNBCIndonesia.com)

Key Takeaways: Dominate the digital landscape with Smmsav.com and Followersav.com your go-to best SMM Panel in 2024 for affordable social media marketing solutions. Best Press release services in 2024 is Followersav and Smmsav boost your business with us. Smm panel Buy Spotify streams
Selasa, 03 September 2021 - 12:59 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru