Kawanan Gajah Rusak Kebun dan Tanaman Warga Langgam, BBKSDA Riau Turunkan Petugas

Rabu, 24 Juni 2020 - 19:22 WIB Peristiwa

Berita Terkait

Kawanan Gajah Rusak Kebun dan Tanaman Warga Langgam, BBKSDA Riau Turunkan Petugas (Foto dok MCR) Ilustrasi: seorang mahaout sedang melatih gajah jinak di Taman Wisata Alam Buluh Cina

PELALAWAN - Kedatangan kawanan gajah bikin geger warga Desa Sotol Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Hewan berbadan besar ini memakan tanaman pisang serta sawit yang masih berumur 7 tahun. Bahkan, kawnanan gajah itu juga merusak tanaman karet.

Saat ini kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah lebih kurang dua puluh ekor tersebut masih berada di kawasan hutan yang berada di pinggiran desa.

PLT Camat Langgam Sugeng Wiharyadi mengatakan, temuan gajah itu telah dilaporkan ke pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau.

“Kita sudah sampaikan ke pihak BBKSDA Riau, mudah-mudahan dari BBKSDA segera turun,” kata Sugeng, Rabu (24/6).

Sugeng menyebutkan, pihaknya bersama dengan warga desa melakukan usaha secara bergantian menjaga sepanjang aliran sungai, agar kawanan gajah itu tidak memasuki areal perkampungan dan lahan perkebunan.
 
“Insya Allah, atas kerja keras dan kemauan bersama masyarakat desa, hingga saat ini situasi masih terkendali. Kita berharap agar kawanan gajah ini dapat segera keluar dari areal pemukiman dan perkebunan warga,” harap Sugeng.

Sugeng meminta agar perusahaan di sekitaran lokasi mau membantu penggiringan gajah, untuk masuk kembali ke dalam hutan.

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada satu pun perusahaan yang membantu warga untuk mengusir gajah. "Belum ada jawaban. Namun yang pasti kita berusaha semampunya untuk saling bekerja sama menjaga areal masing-masing,” tandasnya. 

Sementara itu, Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Dian Indriati, Rabu (24/6/2020) mengaku sudah menerima laporan dari warga Langgam. Pihaknya juga langsung menerjunkan tim ke lokasi.

"Kawan-kawan dari tim BBKSDA Riau sudah turun ke lapangan," kata Dian singkat.(MCR)

Rabu, 12 Februari 2021 - 19:22 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru