Sholat Idul Adha di Masjid, Kotak Amal Dilarang Beredar dan Jangan Ada Salaman!

Kamis, 30 Juli 2020 - 20:22 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Sholat Idul Adha di Masjid, Kotak Amal Dilarang Beredar dan Jangan Ada Salaman! (Foto: BNPB) Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito

PEMERINTAH mengimbau umat muslim yang berencana mengikuti Sholat Idul Adha 1441 Hijriah berjamaah di masjid agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, hanya mereka yang kondisi tubuhnya sehat yang diperbolehkan Sholat Idul Adha berjamaah di masjid.

Ia juga mengimbau pihak pengelola masjid memerhatikan protokol kesehatan pencegahan virus corona atau Covid-19 terhadap para jamaah yang datang ke masjid.

"Terutama bagi pengelola masjid pastikan pengawasan terhadap penerapan protokol berjalan secara ketat. Lakukan pembersihan disinfeksi di area sholat, atur akses keluar masuk masjid," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual yang disiarkan oleh channel YouTube BNPB Indonesia, Kamis (30/7/2020).

Lebih lanjut Wiku juga meminta pengelola masjid menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer. Sebelum jamaah berwudhu juga diwajibkan pemeriksaan suhu tubuh, membatasi jarak minimal satu meter dengan menggunakan tanda khusus.

"Kemudian persingkat durasi sholat dan khutbah, serta tidak mengumpulkan amal dengan kotak infak. Jika ingin mengikuti Sholat Idul Adha, jamaah harus dalam kondisi sehat, membawa sajadah pribadi dan selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan gunakan hand sanitizer," tuturnya.

"Khususnya bagi anak-anak, lanjut usia, dan masyarakat yang memiliki penyakit bawaan agar tidak ikut Sholat Id berjamaah. Jaga jarak satu meter, tidak boleh ada kontak fisik berupa salaman setelah sholat," pungkas Wiku.

(okezone.com)

Kamis, 18 Mei 2020 - 20:22 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru