5 Kesalahan dalam Memasak Daging yang Mesti Dihindari

Jumat, 31 Juli 2020 - 13:25 WIB Kuliner

Berita Terkait

5 Kesalahan dalam Memasak Daging yang Mesti Dihindari (Foto: CNN Indonesia/Natanael Wahluya) Ilustrasi: Proses memasak daging bakal menentukan apakah tekstur yang didapat akan empuk atau alot. Salah mengolah justru bikin kacau. Catat kesalahan memasak daging.

JAKARTA - Kesalahan dalam mengolah daging dapat membuat daging keras dan menimbulkan rasa yang tidak enak. Hindari kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan saat memasak daging.

Sering kali orang tidak sadar kerap melakukan kesalahan saat memasak daging. Kesalahan ini dapat terjadi saat menyimpan daging, mempersiapkan daging, hingga memasak daging.

Berikut kesalahan dalam memasak daging yang mesti dihindari.

1. Tidak langsung diolah
Tidak segera mengolah daging segar atau daging beku yang sudah dicairkan dapat merusak kualitas dan daging. Daging yang dibiarkan terlalu lama di suhu ruang dapat terkontaminasi dengan bakteri yang membuat warna daging berubah dan berbahaya untuk kesehatan.

Segera olah daging segar atau daging beku yang sudah dicairkan untuk mencegah kontaminasi bakteri.

2. Salah dalam memotong daging
Dikutip dari Eat This, banyak orang tidak sadar kerap melakukan kesalahan dalam memotong daging. Seringkali orang memotong daging sapi searah dengan alur seratnya. Seharusnya, daging sapi dipotong berlawanan dengan alur seratnya agar empuk.

Salah saat memotong daging membuat daging menjadi keras dan sulit dipotong dan dikunyah.

Ilustrasi: Salah memotong bisa menyebabkan daging alot dan sulit dikunyah. Untuk mendapatkan daging yang empuk, Anda harus memotong berlawanan arah dengan alur serat. (Foto: Pixabay/PDPhotos)

3. Memasak daging dalam keadaan dingin
Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah memasak daging dalam keadaan dingin atau bahkan beku. Hal ini dapat membuat daging matang tidak merata, membuat bagian luar terbakar, sedangkan bagian dalam belum masak.

Sebaiknya, cairkan daging beku terlebih dahulu dengan dimasukkan ke dalam kulkas bersuhu 4 derajat Celcius atau menggunakan bantuan air atau dengan microwave. Setelah itu segera masak daging agar tidak terkontaminasi bakteri.

4. Kurang bumbu
Bumbu juga kerap menjadi masalah dalam memasak daging. Sering kali daging yang dimasak kurang bumbu seperti kurang garam, bawang putih, atau lada.

Pastikan Anda meracik bumbu dan melumurinya dengan tepat agar cita rasa daging semakin kaya.

5. Memasak daging dengan dengan api panas
Memasak daging dengan api yang terlalu panas juga dapat membuat daging kering dan kencang sehingga kehilangan kelembutan dan keempukan. Sebaiknya masak daging dengan api kecil agar empuk dan lembut.

Hindari kesalahan-kesalahan dalam memasak daging, agar rasa dan tekstur daging tetap lezat.

(CNNIndonesia.com)

Jumat, 06 Mei 2017 - 13:25 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru