Baru Dilantik Jokowi 27 Juli, Gubernur Kepri Positif Corona

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:30 WIB Peristiwa

Berita Terkait

Baru Dilantik Jokowi 27 Juli, Gubernur Kepri Positif Corona (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono) Gubernur Kepulauan Riau Isdianto positif virus corona. Ilustrasi

BATAM - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan pada 29 Juli lalu.

Selain Isdianto, terdapat lima orang di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri lainnya yang juga dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona.

"Memang benar beliau dinyatakan positif dan beliau sudah menjalani karantina di gedung daerah," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Maulana, Sabtu (1/8).

Tetjep mengatakan kondisi Isdianto cukup stabil dan sehat stabil. Sedangkan lima orang lainnya yang juga positif virus corona adalah pengawal pribadi, satu orang staf sekretariat gubernur dan dua staf rumah tangga.

Mereka berlima menjalani karantina di rumah pribadi dan rumah singgah yang telah disediakan pemprov.

"Mereka ini di-swab setelah satu orang ajudan pak gubernur menunjukkan gejala, termasuk saya, juga diswab tanggal 28 Juli kemarin dan hasilnya negatif," ujarnya.

Saat ini, kata Tjetjep, tim gugus tugas tengah menelusuri orang-orang yang telah melakukan kontak langsung dengan Isdianto. Sebagian dari mereka telah menjalani tes swab di rumah-rumah sakit yang telah ditunjuk oleh satuan tugaa gugus tugas.

Pemeriksaan swab juga disarankan kepada Walikota Batam, HM Rudi yang sempat bertemu dengan Isdianto pada saat acara adat Melayu, Tepuk Tepung Tawar di Gedung LAM beberapa waktu lalu.

Saat itu, Rudi sempat berdekatan dalam jarak kurang dari satu meter dengan Isdianto.

"Kita sarankan juga, kita himbau agar beliau juga menjalani swab," kata Tjetjep.

Ia menyatakan telah membuka tiga posko tes swab bagi mereka yang melakukan kontak dengan Isdianto, yakni di RSUD Raja Ahmad Tabib, Tanjungpinang; RSUD Embung Fatimah, Kota Batam; dan di Jakarta.

Seluruh pihak yang melakukan closed contact dengan Isdianto dihimbau segera menjalani swab di salah satu rumah sakit yang telah ditunjuk tersebut.

"Kita anjurkan untuk segera menjalani swab bagi siapapun yang closed contact dengan beliau, termasuk orang-orang yang ada saat acara pelantikan beliau di Istana Negara, 27 Juli lalu," kata Tjetjep.

Isdianto baru saja dilantik menjadi gubernur Kepulauan Riau oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, pada 27 Juli lalu. Dalam pelantikan itu, Isdianto sempat berjalan berdampingan dengan Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat prosesi pelantikan.

Isdianto juga berada satu ruangan saat mengambil petikan keputusan presiden dan membaca sumpah jabatan.

(CNNIndonesia.com)

Sabtu, 10 September 2020 - 13:30 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru