DPRD Riau Gelar Tes Swab

Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:00 WIB Parlemen

Berita Terkait

DPRD Riau Gelar Tes Swab Foto: Fin/REC

PEKANBARU, riaueditor.com - Untuk mendeteksi pandemi virus corona (Covid-19) di lingkungan DPRD Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau melakukan tes swab kepada 500-an pegawai di lingkungan Setwan DPRD Riau, Selasa (18/8/20).

Tes swab yang digelar di lapangan Badminton DPRD Riau ini dipimpin l oleh Kepala Bidang Labor kesehatan dan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau drg Jenita Aruma MM.

Kepada wartawan disela-sela tes swab, Jenita mengaku pihaknya mengerahkan 10 tenaga medis yang dibagi dalam dua shift untuk mengambil tes swab kepada  500-an pegawai.

"Ini kolaborasi antara dua bidang, yakni bidang pelayanan kesehatan dengan labor kesehatan dan lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Untuk hasil test akan diketahui 3 sampai 4 hari", ujarnya.

Jenita menjelaskan, bagi peserta tes swab yang dinilai positif Covid-19, pihaknya akan menghubungi yang bersangkutan dan langsung melakukan isolasi mandiri. Sementara bagi yang negatif, tidak dihubungi.

"Sesuai SOP, bahwa kalau ada yang positif segera kami hubungi", ucapnya.

Jenita menjelaskan, pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung atau tenggorokan. Kemudian sampel lendir yang diambil dengan metode swab akan diperiksa menggunakan metode Polumerasi Chain Reaction (PCR).

Sedangkan mengenai biaya tes swab kata Jenita, DPRD Riau bisa berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Hal senada juga diungkapkan anggota DPRD Riau Tumpal Hutabarat SE MM usai menjalani tes swab.

Ia menilai kegiatan ini penting untuk mengetahui, terkena tidaknya seseorang covid-19.

"Ini penting terutama bagi kami anggota dewan ditengah-tengah mobilisasi yang tinggi. Mobilisasi dewan banyak keluar kota provinsi, dan kunjungan-kunjungan dinas", katanya.

Anggota komisi IV DPRD Riau dari fraksi Demokrat itu berharap, agar tes tes swab ini jangan sampai ada yang terkena dan menularkan pada  orang lain.

"Kami memang selalu swab bahkan rapid tes ketika melakukan kunjungan dinas ke daerah, apalagi menggunakan pesawat", ujarnya.

Tumpal pun tak menampik jika kasus covid-19 ini kembali mengalami peningkatan di Riau.

Sementara data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Riau per 18 Agustus 2020, dari 1.039 kasus positif Covid-19 di Riau terdiri dari 137 pasien isolasi mandiri, 246 orang dirawat di rumah sakit, 640 pasien sembuh, dan 16 pasien meninggal dunia. (fin)

Key Takeaways: Dominate the digital landscape with Smmsav.com and Followersav.com your go-to best SMM Panel in 2024 for affordable social media marketing solutions. Best Press release services in 2024 is Followersav and Smmsav boost your business with us. Smm panel Buy Spotify streams
Selasa, 18 Maret 2022 - 20:00 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru