Rusidi Rusdan Laporkan Pelanggaran Pilkada Di Riau Ke Sentra Gakkumdu Pusat

Selasa, 03 November 2020 - 21:11 WIB Politik

Berita Terkait

Rusidi Rusdan Laporkan Pelanggaran Pilkada Di Riau Ke Sentra Gakkumdu Pusat Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan

PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau melaporkan pelanggaran Pilkada Pidana 9 Kabupaten/ Kota se Riau ke Sentra Gakkumdu Pusat. 

Laporan tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan saat menerima kunjungan Sentra Gakkumdu Pusat, yang terdiri dari Bawaslu RI, Kejagung, dan Mabes Polri, Selasa, ( 03/11/2020), pukul 10.00 WIB.

Kunjungan Kerja Sentra Gakkumdu Pusat yang dilaksanakan di Aula Bawaslu Riau Komplek Transito, Jalan Adisucipto, Kota Pekanbaru diformat dalam bentuk diskusi dengan membahas penanganan laporan dugaan pidana Pilkada di 9 Kabupaten/ Kota di Riau.

"Saya sudah laporkan kepada Sentra Gakkumdu Pusat adanya perkara kasus dugaan tindakan pidana Pilkada secara lengkap terkait posisi kasus dan kendala yang dihadapi. Ada sekitar 9 kasus yang telah kita rilis dan menjadi perhatian publik di Provinsi Riau ini," kata Rusidi Rusdan.

Dijelaskannya, ada sekitar 22 temuan laporan dugaan pelanggaran yang terjadi di Riau, 9 diantaranya telah menyita perhatian publik karena melibatkan tokoh tokoh yang dikenal masyarakat. 

"Diantaranya di Kota Dumai yang melibatkan salah satu calon Walikota yang hingga saat ini telah ditetapkan sebagai Tersangka. Di Kabupaten Pelalawan itu ada oknum Pejabat ASN yang diduga telah bertindak merugikan salah satu pasangan calon serta oknum Kepala Desa yang mendukung salah satu Paslon serta dugaan money politik," terang Rusidi Rusdan, Anggota Bawaslu dua periode ini.

Rusidi melanjutkan, di Kabupaten Kuantan Singingi Bawaslu menemukan seorang oknum ASN guru Sekolah Menangah Tingkat Atas (SLTA) yang juga istri salah satu calon Bupati yang hadir dalam kampanye tanpa mengantongi izin cuti. Saat ini telah memasuki pembahasan SH III. 

Selain itu ada juga temuan Bawaslu di mana salah satu oknum DPRD Kuansing diduga kuat menjadi donatur pemberian uang kepada peserta kampanye. 

Terlihat hadir dari Sentra Gakkumdu Pusat Kabag TLP Bawaslu RI Yusti Erlina, Penyidik Mabes Polri Kompol Nursaid, Jaksa Fungsional Kejagung Bagus Suteja. Sedangkan dari Polda Riau hadir Dir Reskrimum Kombes Pol Zein Dwi Nugroho, Anggota Bawaslu Riau Gema Wahyudi Adinata, Kasubdit I Reskrimum Polda Riau Kompol Kurnia Setiawan, Kasi Kamneg Tibum Kejati Riau I Wayan Sutajana dan perwakilan Sentra Gakkumdu Kabupaten Kota se Riau. (*)

Selasa, 16 Oktober 2020 - 21:11 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru