Jajal Kapal Wisata Quantung Cruise, DWP Riau Telusur Sungai Siak Sambil Promosikan Pariwisata

Rabu, 18 November 2020 - 19:25 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Jajal Kapal Wisata Quantung Cruise, DWP Riau Telusur Sungai Siak Sambil Promosikan Pariwisata istimewa

PEKANBARU - Siang itu tepian sungai Siak di Kampung Bandar Pekanbaru sinar mahatahari terasa menusuk kulit. Namun, kondisi ini tidak menyurutkan niat Tim Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Riau melakukan field trip menyusuri sungai Siak. 

Waktu itu, arus sungai Siak melandai pelan. Kapal wisata Quantung Cruise nomor GT 17 nampak bersandar di bawah jembatan Siak III, tepatnya di dermaga Rumah Singgah Tuan Kadi.

Berbagai santapan kuliner khas melayu telah tersaji di meja kapal itu. Senyum renyah para awak kapal menyambut kunjungan tim DWP Riau. Mereka datang dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 DWP Provinsi Riau. 

Kapasitas penumpang kapal itu bisa mengangkut 80 orang wisatawan. Kapal wisata ini dilengkapi 2 pintu utama, posisinya berada di depan sebelah kanan. Pintu ke dua di depan sebelah kiri. Selain kedua pintu itu, kapal ini juga memiliki 2 pintu darurat dan dilengkapi pelampung keselamatan yang diletak di setiap balik meja penumpang. 

Arah matahari semakin naik, Quantung Cruise mulai bergerak, membawa tim DWP Riau menyusuri sungai Siak selama dua jam. Arah yang dituju yakni jembatan Siak II, Kota Pekanbaru. Tampak ikut hadir pada field trip ini, Ketua TP PKK Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar, Ketua DWP Provinsi Riau, Fariza Yan Prana, dan istri Sekwan DPRD Provinsi Riau, Raja Rilla Muflihun.

Selama di perjalanan, rombongan disuguhi pemandangan perkampungan nelayan. Aktivitas nelayan yang hilir mudik menggunakan sampan dan perahu kayu juga menjadi penyedap mata memandang.

Meski letaknya masih di daerah perkotaan, namun di sepanjang bagian kanan dan kiri bantaran sungai masih ada sebagian yang terlihat asri. Rimbunan pepohonan di lokasi itu masih tampak berdiri kokoh. Sementara, di tepiannya tampak terapung tumbuhan eceng gondok (Eichhornia crassipes). 

Ketika menyusuri sungai, pemusik Quantung Cruise mengalunkan musik akustik hidup. Tembang yang disuguhi berjudul Cintaku dan Kisah kasih di sekolah, dua lagu ini pernah dipopulerkan oleh almarhum Chrisye. Ditambah lagi mereka juga mainkan lagu Noah yang berjudul Andaikan kau datang, kemudian dilanjutkan mengalunkan beberapa lagu Pop lainya. Tentunya, suasana seperti ini menambah keakraban dan kecerian para wisatawan. 

Ketua DWP Provinsi Riau, Fariza Yan Prana mengatakan, pelayaran menyusuri sungai Siak menggunakan kapal wisata ini, bertujuan memperkenalkan wisata sungai Siak dan wisata restoran terapung yakni Quantung Cruise. Sehingga wisata yang ada di Pekanbaru, Riau, bisa terpromosikan agar semakin dikenali publik.

"Alhamdulillah. Terimakasih dengan keikutsertaan teman semua dalam pelayaran menyusuri sungai Siak ini menggunakan kapal wisata Quantung Cruise. Semoga wisata yang kita miliki semakin terkenal," katanya saat menyusuri wisata sungai Siak di Pekanbaru, Rabu (18/11/2020). 

Di kapal itu, rombongan juga menikmati santap siang yang telah disajikan oleh pihak pengelola restoran terapung. Menu yang disajikan kudapan khas melayu, yakni asam pedas ikan patin dan santapan khas bumi Lancang Kuning lainnya. 

Masih dalam perjalanan menelusuri sungai Siak, koordinator kapal Quantung Cruise, Radi menceritakan bahwa, kapal wisata itu memiliki empat makna, terinspirasi dari suatu daerah daratan Cina. Dimana tempat tersebut memiliki kemiripan dengan daerah Senapelan. 

"Dulunya Quantung juga merupakan pusat perdagangan dan penampungan barang-barang bekas, yang hari ini telah berubah nama menjadi Quandong  dan telah berubah menjadi provinsi terbesar dan termaju di daratan Cina," terangnya. 

Lebih lanjut ia menyebutkan, sejarah kapal wisata itu. Ia menjelaskan bahwa nama Quantung juga dapat diartikan sebagai 'quantan untung'. Quantan artinya sungai yang besar, sedangkan untung merupakan sebuah harapan yang dapat memberikan keuntungan. 

"Karena dulu di sebuah daerah yang bernama Kuantan Singingi terdapat sungai Kuantan yang menjadi sumber kehidupan yang memberikan keuntungan bagi setiap orang yang hidup di pinggirannya," Radi menuturkan. 

Nah, bagi sobat wisata yang ingin menjajal wisata telusur sungai sambil mencicipi kudapan khas melayu, yuk nikmati lanskap sungai Siak bersama kapal wisata Quantung Cruise di Pekanbaru, Riau. (MCR)

Rabu, 25 September 2020 - 19:25 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru