Menuju Informatif, Riau Urutan Pertama Keterbukaan Informasi Publik Kategori Pemerintah Provinsi

Kamis, 26 November 2020 - 21:18 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Menuju Informatif, Riau Urutan Pertama Keterbukaan Informasi Publik Kategori Pemerintah Provinsi istimewa

PEKANBARU - Provinsi Riau kembali menorek prestasi di tingkat nasional. Kali ini Provinsi Riau meraih peringkat pertama dalam kualifikasi menuju informatif untuk keterbukaan informasi publik kategori Pemerintah Provinsi tahun 2020. 

Hal itu diumumkan oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana secara virtual dalam acara penganugerahan keterbukaan informasi publik tahun 2020 di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (25/11/2020). 

Dalam penghargaan tersebut, Provinsi Riau masuk ke dalam kualifikasi menuju informatif dengan nilai antara 89.84. Prestasi tersebut berhasil mengungguli provinsi lain seperti Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Barat yang berada di lima besar. 

Gede Narayana mengatakan badan publik dituntut untuk tetap memberikan layanan informasi publik secara optimal kepada masyarakat luas. Sehingga publik merasakan negara hadir dengan layanan informasi publik. 

Merujuk pada pernyataan resmi dari Bank Dunia tahun 2016, Gede mengatakan Komisi Informasi Publik pada dasarnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. 

Namun, ia melihat keterbukaan informasi publik di Indonesia masih jauh dari tujuan yang diamanatkan oleh Undang-Undang, karena masih banyak badan publik yang belum melaksanakan keterbukaan informasi publik sesuai prosedur dan aturan yang telah ditetapkan. 

"Hal ini menjadi perhatian bersama, masih diperlukan dorongan besar untuk menjadikan keterbukaan informasi sebagai suatu budaya kita bersama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan efisien," ujarnya. 

Ia berharap Komisi Informasi harus lebih menggelorakan budaya keterbukaan informasi publik, serta harus didukung juga dengan komitmen yang kuat dari pemerintah. (MCR)

Kamis, 16 Februari 2018 - 21:18 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru