Antibodi dari Vaksin COVID-19 Tercapai Penuh pada Hari Ke-28 Usai Vaksinasi

Senin, 25 Januari 2021 - 14:30 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Antibodi dari Vaksin COVID-19 Tercapai Penuh pada Hari Ke-28 Usai Vaksinasi (Liputan6.com/Abdillah) Banner Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh.

JAKARTA - Antibodi atau kekebalan dari vaksin COVID-19 tercapai penuh pada hari ke-28 usai vaksinasi. Artinya, setelah disuntik vaksin COVID-19, kekebalan tidak langsung terbentuk, melainkan membutuhkan waktu tertentu.

Ketua POKJA Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan memberikan gambaran rentang hari terbentuknya kekebalan atau imunitas setelah penyuntikkan vaksin COVID-19. Ia mencontohkan kekebalan yang terbentuk dari vaksin Pfizer.

"Butuh waktu untuk memunculkan kekebalan setelah disuntikkan vaksin COVID-19. Contohnya, ini timeline dari vaksin Pfizer ya," jelas Erlina saat temu media, ditulis Senin (25/1/2021).

"Jadi, hari pertama itu dosis (penyuntikkan) vaksin. Imunitas atau kekekebalan akan terbentuk pada hari ke-12 dan hari ke-21 pada suntikan kedua."

Setelah suntikan kedua, kadar antibodi dicek. Dalam periode ini, antibodi tercapai penuh pada hari ke-28.

"Diperiksa ulang antibodinya setelah suntikkan kedua. Maka, akan dikatakan tercapai antibodi dengan imunitas yang penuh, yaitu pada hari ke-28," lanjut Erlina.

(sumber: liputan6.com)

Senin, 05 Januari 2021 - 14:30 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru