Laporan Keuangan Tahun 2020, Baznas Kab Siak Kembali Raih WTP

"Baznas Siak Terima WTP 6 Tahun Berturut-turut"

Kamis, 04 Februari 2021 - 00:32 WIB Advertorial

Berita Terkait

Laporan Keuangan Tahun 2020, Baznas Kab Siak Kembali Raih WTP Foto: Baznas Kabupaten Siak

SIAK, kabarmelayu.com - Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada audit Kantor Akuntan Publik (KAP). Predikat WTP ini adalah hasil pemeriksaan akuntan publik terhadap laporan keuangan yang disusun berdasarkan standar akuntansi dan diaudit menggunakan norma pemeriksaan akuntansi zakat standar akuntansi (PSAK 109).

Ketua Baznas Kabupaten Siak, H. Abdul Rasyid Suharto Pua.Upa M.Ed didampingi Sulaiman S.Ag Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Pelaporan mengatakan prestasi yang di raih ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dari masyarakat terhadap Baznas serta dapat meningkatkan lagi zakat, infak dan sedekah.

"Predikat Wajar atau WTP yang sudah 6 tahun berturut-turut kita raih, hal ini membuktikan bahwa Baznas Kab Siak merupakan lembaga zakat yang terpercaya dan akuntabel dalam mengelola dana umat. Hal ini juga merupakan bentuk tanggung jawab Baznas Kab Siak kepada Allah dan kepada muzakki," ungkapnya.

Sebagai lembaga yang telah dikenal luas oleh masyarakat dan lembaga pemerintah nonstruktural, Baznas Kab Siak akan selalu menjaga akuntabilitas dan transparansi keuangan dalam mengelola dana umat sesuai tuntutan Alquran dan hadist serta menjalankan amanah pada  Undang-Undang Nomor 23/2011.

Ketua Baznas Kab Siak H. Abdul Rasyid mengungkapkan sebagai lembaga pengelolaan dana umat pihaknya memprioritaskan akuntabilitas dan transparansi. Maka dengan  begitu, dalam setiap tahunnya kepercayaan masyarakat dalam menunaikan zakat melalui Baznas terus meningkat.

"Alhamdulillah, laporan keuangan 2020 kembali mendapat WTP dari kantor akuntan publik Yaniswar dan Rekan. Tentunya, hal ini menjadi motivasi untuk terus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas Kab Siak," katanya.

Tak hanya itu, Baznas Kab Siak juga diperiksa oleh satuan audit internal (SAI).  Setiap dana zakat, infaq dan sedekah yang masuk juga tercatat pada pada Sistem Informasi Badan Amil Zakat (Simba).

"Kami dari Pihak Baznas Sudah 5 tahun  minta tim SAI juga memeriksa keuangan Baznas Kab Siak dan hasil seluruh laporan keuangan sudah sesuai dengan standar akuntansi (PSAK 109),"ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, Baznas Siak juga mendapatkan penghargaan sebagai Baznas Kabupaten dengan Laporan Tahunan Terbaik di Indonesia pada BAZNAS Award 2020.

"Untuk itu saya mengajak kepada masyarakat Kab Siak untuk menyalurkan ZIS melalui Baznas Kab Siak, dengan harapan banyak persolaan kemiskinan yang dapat kita bantu untuk meringankan beban para mustahiq di negeri Siak," imbaunya.(man)

 

Kamis, 06 Juni 2018 - 00:32 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru