Riau Bertani Upaya Pemerintah Tingkatkan Produksi Padi

Sabtu, 13 Februari 2021 - 12:32 WIB Ekbis

Berita Terkait

Riau Bertani Upaya Pemerintah Tingkatkan Produksi Padi Gubernur Riau, Syamsuar

PEKANBARU - Kegiatan Riau Bergerak Tanam Padi (Bertani) 2020-2024 adalah upaya pemerintah Provinsi Riau untuk meningkatkan produksi padi di Riau minimal 50 persen pada tahun 2024 dengan target peningkatan produktivitas rata-rata 3,7 ton/hektare ke 4,4 ton/hektare.

Hal tersebut terungkap saat Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menjadi Keynote Speaker secara virtual pada webinar Sumber Daya Air (SDA) Muda Balai Wilayah Sungai Sumatera III Tahun 2021 di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (12/2/2021) malam.

"Riau bertani ini sebenarnya bergerak menanam padi, untuk peningkatan produktivitas tersebut tentunya melalui penggunaan benih unggul penakaran benih dan pengembangan varietas unggul baru (VUB)," ungkapnya. 

Gubri menjelaskan, saat ini juga pemerintah provinsi terus menggesa peningkatan indeks pertanaman dari Indeks Pertanaman (IP)123 ke IP200. Yang mana saat ini masih banyak IP100 melalui pengelolaan lahan dan air.

"Maksudnya disini adalah bagaimana kita melakukan fungsional daerah irigasi atau daerah rawa, jaringan irigasi atau pintu air, JUT, tanggul, embung, long storage," terangnya.

Dalam peningkatan produksi padi juga melakukan penerapan mekanisasi melalui alat mesin pertanian dengan memberdayakan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) dan juga Brigade Alsintan.

"Selanjutnya upaya kita dalam peningkatan produksi padi adalah penguatan kelembagaan melalui klaster koporasi petani atau food estate yaitu Badan Usaha Milik Petani (BUMP) berbentuk koperasi atau PT dengan melakukan pelatihan pertanian, regenerasi petani (Petani Muda)," pungkasnya. (MCR)

Sabtu, 27 Januari 2021 - 12:32 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru