Minta Masukan Masyarakat, DPRD Riau Revisi RTRW 2018

Senin, 15 Februari 2021 - 19:30 WIB Parlemen

Berita Terkait

Minta Masukan Masyarakat, DPRD Riau Revisi RTRW 2018 Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Riau, Ma`mun Solihin

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Untuk meminimalisir gejolak ditengah masyarakat, DPRD Riau memastikan akan merevisi Rancangan Peraturan Daerah - Rencana Tata Ruang Wilayah (Raperda-RTRW) 2018. Oleh karena itu sebelum dibahas di tingkat Pansus, DPRD Riau minta masyarakat menyampaikan masukan.

Hal itu disampaikan ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Riau, Ma,mun Solihin saat dikonfirmasi, Senin (15/02/21).

"Kita akan revisi RTRW Riau 2018. Kenapa kita gesa, karena sudah 26 tahun tidak direvisi. Jadi sudah lebih dari 20 tahun," ucapnya.

Politisi asal fraksi PDIP DPRD Riau itu mengakui, revisi 2018 kemarin banyak menuai gugatan dan persoalan di masyarakat. Oleh sebab itu hasil kesepakatan dengan Pemprov Riau, Raperda RTRW 2018 itu ditargetkan tuntas  tahun ini.

Oleh karena itu sambung Ma,mun Solihin, sebelum revisi RTRW itu dibahas di tingkat Pansus, masyarakat Riau diminta menyampaikan masukan. Baik dari pemerhati lingkungan, akademisi maupun dari elemen masyarakat lainnya.

"Masyarakat, perusahaan, organisasi, lembaga adat, para petani yang merasa dirugikan atas RTRW 2018 kemarin, silahkan sampaikan ke kami  sebelum dilanjutkan ke Pansus DPRD Riau", ujar Ma,mun Solihin.

Sekedar diketahui, organisasi pegiat lingkungan hidup melakukan gugatan ke Mahkamah Agung (MA) pada 2019 silam lantaran Perda tersebut tidak memihak pada isu lingkungan, seperti pemulihan dan perlindungan kawasan gambut.

Kemudian oleh MA gugatan WALHI terhadap Peraturan daerah (Perda)  RTRW Provinsi Riau 2018-2038 itu dikabulkan dan mengharuskan Pemprov Riau untuk segera membahas revisi perda yang dimaksud. (fin)

Senin, 25 Januari 2017 - 19:30 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru