KLHK Ajak Semua Stakeholder Bersinergi Wujudkan Riau Bebas Karhutla

Senin, 15 Februari 2021 - 20:55 WIB Lingkungan

Berita Terkait

KLHK Ajak Semua Stakeholder Bersinergi Wujudkan Riau Bebas Karhutla

PEKANBARU - Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Basar Manullang mengajak seluruh stakeholder yang ada di Provinsi Riau untuk bersinergi dalam mewujudkan Provinsi Riau bebas asap dan bebas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Basar menyampaikan, tahun lalu ia diperintahkan oleh Menteri LHK agar tidak terjadi Karhutla di Riau. Namun berkat bantuan stakeholder serta mitra-mitra, maka Provinsi Riau bisa melaksanakan hal itu.

"Bisa kita atasi bersama, tahun 2021 saya pikir BNPB dan KLHK punya komitmen mengatasi Karhutla di Riau untuk mewujudkan Riau dan Indonesia bebas asap," ujarnya, dalam rapat koordinasi kebakaran hutan dan lahan yang dihadiri oleh bupati/wali kota se Provinsi Riau secara virtual, di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (15/2/21). 

Ia menerangkan, dengan adanya penetapan status siaga Karhutla di Riau, Basar Manullang percaya BNPB akan punya komitmen yang tinggi untuk mendukung sumber daya yang ada dalam mencegah Karhutla.

"Mari bersama-sama bersinergi mewujudkan kehadiran kita semua, instansi dan semua pihak, menjadikan Bumi Lancang Kuning yang bebas asap," ujarnya.

Pihaknya juga berharap tindakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ini dapat menjadi contoh bagi provinsi lain sekaligus menjadi ikon bagaimana kerja sama antar instansi disinergikan.

"Setiap kita punya tanggung jawab," ucapnya.

Basar juga meminta dukungan bupati/wali kota di Riau dalam penanganan Karhutla. Menurutnya jika gubernur punya komitmen yang tinggi, maka ia percaya penuh semua unsur forkopimda baik di provinsi maupun kabupaten/kota akan bergerak bersama dalam mewujudkan Bumi Lancang Kuning ini menjadi bumi yang nyaman bebas asap.

Ia juga menerangkan, dengan kebersamaan dan tetap diiringi doa, maka Provinsi Riau memiliki kekuatan dalam menanggulangi Karhutla di Riau.

"Kami percaya dukungan semua pihak dan menjadikan masyarakat menjadi mitra dalam penanggulangan Karhutla maka Karhutla bisa teratasi," tutupnya. (MCR)

Senin, 21 Oktober 2020 - 20:55 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru