Gubri Dukung Santripreneur Kembangkan UMKM Berkreativitas

Rabu, 24 Februari 2021 - 18:25 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Gubri Dukung Santripreneur Kembangkan UMKM Berkreativitas istimewa

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan Provinsi Riau akan mendukung santripreneur untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berkreativitas.

Melihat Provinsi Riau dengan wilayah kebun sawit yang luas, pihaknya mengungkapkan bahwa ekonomi di Provinsi Riau sangat dipengaruhi oleh sawit. Untuk itu ia berharap melalui santripreneur dapat meningkatkan UMKM melalui pembibitan guna mendukung program peremajaan sawit rakyat dan santripreneur.

"Harapan saya apa yang diinginkan pak Wakil Presiden RI dapat terwujud yaitu pondok pesantren tidak hanya mencetak santri menjadi ulama namun juga santri yang siap berwirausaha," katanya saat beri sambutan dalam workshop, di Hotel Grand Central Pekanbaru, Rabu (24/02/21).

Gubernur Syamsuar mengungkapkan, pihaknya juga sudah berbicara dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) di Provinsi Riau untuk membantu pondok - pondok pesantren yang ada di provinsi Riau.

Untuk itu, Syamsuar berharap jangan sampai Provinsi Riau memiliki kesenjangan hidup dalam kemiskinan apalagi wilayah Provinsi Riau yang memiliki potensi minyak dan gas (migas) dan ada juga potensi sawit.

"Karena itulah tentunya mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini agar mereka (santripreneur, red) bisa membantu pemerintah membuat UMKM," ujar Gubri.

Selain itu, ia berharap para santripreneur siap untuk menumbuh kembangkan UMKM di masa mendatang. Apalagi menurutnya, ditengah pandemi Covid 19 ini harapan pemerintah bagaimana tumbuhnya UMKM dari daerah.

"Tumbuhnya ekonomi kreatif saya contohkan lidi sawit bisa dibuat macam-macam, selain itu sawit juga dapat diolah gula merah," tutur Syamsuar.

Syamsuar menambahkan diharapkan juga melalui workshop terkait pemberdayaan UKMK (Usaha Kecil Menengah dan Koperasi) pondok pesantren di perkebunan sawit melalui kegiatan pembibitan guna mendukung program peremajaan sawit rakyat dan santripreneur bisa berhasil.

"Mudah-mudahan melalui workshop ini kita peroleh inovasi-inovasi baru. Kami dari Pemerintah Daerah support agar kegiatan ini bisa dilanjuti, santripreneur bisa berhasil sebagaimana yang diharapkan pemerintah kita," tutupnya. (MCR)

Rabu, 21 September 2020 - 18:25 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru