DPRD Inhu Konsultasi Soal Limbah ke DPRD Riau

Kamis, 25 Februari 2021 - 21:49 WIB Parlemen

Berita Terkait

DPRD Inhu Konsultasi Soal Limbah ke DPRD Riau Anggota komisi IV DPRD Riau, Mardianto Manan MT

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Guna mengetahui persoalan sesungguhnya terkait komplain masyarakat terhadap limbah, DPRD Riau menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah perusahaan di kabupaten/kota di Riau bersama instansi terkait 8 Maret mendatang.

Hal itu disampaikan anggota komisi IV DPRD Riau, Mardianto Manan MT usai menerima kunjungan konsultasi DPRD Inhu terkait limbah salah satu perusahaan yang meresahkan masyarakat Sei Lala, Kamis (25/2/21).

"Pada RDP nanti kita undang Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) provinsi, masyarakat, instansi terkait, dan perusahaan. Tidak hanya kasus yang di Inhu, tapi termasuk kasus-kasus perusahaan lain di kabupaten/kota", ujarnya.

Mardianto mengungkapkan, dalam kunjungannya, DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berkonsultasi ke DPRD Riau terkait sebuah perusahaan yang limbah PKS-nya mengalir ke sungai Lala 4 bulan terakhir. 

Akibat limbah tersebut masyarakat keberatan karena air sungai tercemar, tidak layak pakai. Bahkan ikan di sepanjang bantaran sungai juga pada mati.

Tak sampai disitu, warga setempat juga sudah menggugat ke pengadilan, dan perusahaan yang mencemari lingkungan itu dinyatakan bersalah. 

Menariknya, meski dinyatakan bersalah, namun perusahaan tetap beroperasi. Alhasil konflik pun terjadi antara masyarakat dengan perusahaan meski dalam skala kecil.

Menyikapi hal itu, Mardianto mengatakan DPRD Riai akan mempelajari perijinan Andal, UKL, UPL, IMB, dan ijin lokasi perusahaan tersebut.

Ia mengatakan, jika bocoran perijinan itu ia peroleh, pihaknya merekomendasikan agar aktifitas PKS tersebut untuk dihentikan sejenak menunggu persoalan semua clear. (fin)

Kamis, 11 Januari 2021 - 21:49 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru