KITB dan KIT Masuk Program Strategis RPJMN

Jumat, 09 April 2021 - 17:41 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

KITB dan KIT Masuk Program Strategis RPJMN Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Riau, Asrizal

PEKANBARU - Dari 33 kawasan industri yang masuk program strategis Rencana Pembangunan Janka Menengah Nasional (RPJMN), dua diantaranya merupakan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di Kabupaten Siak dan Kawasan Industri Tenayan Raya (KIT) di Pekanbaru. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Riau, Asrizal, Jumat (9/4/2021). 

Asrizal mengatakan, di Indonesia terdapat 33 kawasan industri yang masuk dalam RPJMN. Dari jumlah itu, dua diantaranya KITB dan KIT. 

"Ada dua kawasan industri di Provinsi Riau masuk RPJMN. Itu KIT dan KITB," kata Asrizal. 

Hanya saja, lanjut Asrizal, dalam proses pembangunannya akan dilakujan bertahap. Karena di pemerintah pusat memiliki penilaian skala prioritas sesuai kebutuhan. 

Dengan masuknya dua kawasan industri itu di RPJMN, tambah Asrizal, maka infrastruktur untuk membangun kawasan industri ditangani oleh kementerian terkait. 

"Misalnya terkait jalan, jembatan dan air bersih, maka itu menjadi program kegiatan Kementerian PUPR. Sedangkan penyediaan jaringan listik kewenangan Kementerian ESDM," terangnya. 

"Tepi pembangunannya tetap dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan prioritas. Seperti tahun ini ada dua Power Plant masuk di KIT. Kemudian di KITB ada penyediaan air baku tahun 2022," tutupnya. (MCR)

Jumat, 03 Maret 2021 - 17:41 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru