Ramadan, Kelompok Warga Bisa Ajukan Permintaan Divaksin saat Malam Hari

Sabtu, 10 April 2021 - 13:42 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Ramadan, Kelompok Warga Bisa Ajukan Permintaan Divaksin saat Malam Hari Foto: ist

PEKANBARU - Sebentar lagi umat muslim di Indonesia, khususnya Riau, akan segera menyambut bulan Ramadan. Selama bulan puasa itu juga, warga tetap dapat melaksanakan vaksinasi di malam harinya.

Nantinya, Dinas Kesehatan (Diskes) akan tetap menjadwalkan vaksinasi digelar di siang hari, namun bagi kelompok warga yang siang harinya berpuasa, bisa mengajukan untuk divaksin dimalam hari.

"Saat Ramadan nanti, vaksinasinya menyesuaikan saja, siang dan malam bisa kita lakukan vaksinasi," kata Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Jumat (9/4/2021).

Kendati demikian, Zaini menegaskan bahwa vaksinasi tidak bisa dilakukan setiap malam. Vaksinasi malam hari hanya dilakukan saat ada permintaan.

"Tidak setiap malam, kita adakan malam jika ada yang mau kita vaksinasi. Tapi kalau tidak, siang saja," jelasnya.

Sementara itu, Zaini sendiri mengaku tidak terlalu memahami terkait kemungkinan batalnya puasa jika seseorang divaksin malam hari. Menurutnya hal itu dapat ditanyakan langsung kepada Kementerian Agama (Kemenag) yang dapat menentukan.

Sampai saat ini, Diskes juga masih melakukan vaksinasi bagi gelombang kedua yang memprioritaskan lansia dan pelayan publik. Untuk lansia saja, capaian vaksin gelombang ini masih sekitar 30 persen dari target sasaran sekitar 24.493 orang.

"Sabtu besok akan kita hitung lagi stok vaksin di masing-masing faskes," pungkasnya.(MCR)

Sabtu, 08 Maret 2021 - 13:42 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru