Vaksinasi Jemput Bola, Warga Pekanbaru Kegirangan

Senin, 24 Mei 2021 - 18:45 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Vaksinasi Jemput Bola, Warga Pekanbaru Kegirangan Pihak Kepolisian Melakukan Pendampingan Vaksinasi dari rumah ke rumah.

PEKANBARU - Vaksinasi door to door atau jemput bola ke rumah warga dilakukan Polresta Pekanbaru, Senin (24/5). Kegiatan ini  disambut baik oleh masyarakat. Mereka kegirangan karena tak perlu bersusah payah ke lokasi vaksin dan tidak menunggu antrian.

"Kalau vaksinnya ke rumah warga begini lebih enak pak. Kan kalau ke tempat vaksin orangnya ramai, bisa rawan tertular Corona. Kalau begini aman vaksinnya," ujar Imai (61) warga Kecamatan Tenayan Raya,  Pekanbaru.

Imai mengaku senang dengan kedatangan petugas ke rumahnya. Hal ini tentunya tidak membuatnya ribet harus datang ke lokasi vaksin dan belum tentu kebagian.

"Biasanya kan orang-orang divaskin itu berdempet-dempetan, kali ini di rumah sendiri, tak pakai antri lagi," jelasnya.

Kapolresta Pekanbaru Kombes  Nandang Mu'min Wijaya dan sejumlah anggotanya mendatangi pemukiman warga yang berada di kawasan pinggiran kota. Nandang membujuk dan mengajak warga khususnya lansia agar mau divaksin. 

"Jadi vaksin door yo door ini, sasaran utamanya adalah orang lanjut usia (lansia). Mereka tidak bisa datang ke tempat vaksin yang disediakan pemerintah, tentu kami yang mendatangi orang tua kita ini," imbuh Kapolresta.

Nandang juga mendapat keluhan langsung dari masyarakat yang berharap agar langkah vaksin ke rumah-rumah itu terus dilakukan setiap harinya.

Meski begitu, dalam prosesnya vaksinasi petugas tetap menjalankan prosedur. Petugas memeriksa kesehatan calon penerima vaksin. Kemudian mereka yang layak dari segi medis langsung mendapat vaksin gratis dari tim vaksinator.

Nandang membawa petugas medis agar masyarakat bisa divaksin gratis. Cara ini pun disambut antusias warga masyarakat, karena dirasa lebih praktis dan tak perlu repot datang ke tempat vaksin.

"Ini sebagai langkah kita untuk percepatan vaksinasi agar angka Covid-19 menurun. Kita punya tim vaksinator dan kita bawa keliling untuk memberikan vaksin kepada warga yang membutuhkan. Karena mungkin warga tidak bisa hadir atau berhalangan datang ke tempat vaksin yang sudah disediakan," kata Nandang.

Ada sekitar 50 vaksin yang diboyong dalam rombongan, bersama tim vaksinator hari ini. Daerah yang disasar pada hari pertama door to door ini adalah Kecamatan Tenayan Raya, salah satunya Kelurahan Industri Tenayan. 

Nandang masuk ke perkampungan warga, mencari mereka yang divaksin terutama para lansia. Bahkan saat singgah salat di Masjid Al Jami'ah Jalan Singgalang, Nandang dan jajaran juga memanfaatkan kesempatan itu untuk mengajak warga sekitar agak mengikuti vaksinasi. Tak ayal, masyarakat pun bergegas memanfaatkan kesempatan tersebut. Usai salat digelar, warga sudah bersiap untuk vaksin oleh petugas vaksinator.

"Ini bentuk kontribusi kita untuk mempercepat vaksinasi, door to door kepada warga. Ini akan terus kita mobilisasi, dan kita sudah siapkan personel serta sarana dan prasarananya. Di seluruh pos juga, kendaraan dinas Polri juga sudah disiapkan untuk vaksin keliling," ucapnya.

Selain itu, di seluruh jajaran Polsek di Kota Pekanbaru juga melakukan upaya serupa, yakni vaksinasi door to door. 

"Kita ingin sentuh warga yang belum divaksin, langsung ke rumah maupun di jalan pun bisa," pungkasnya.(MCR)

Senin, 04 Juli 2021 - 18:45 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru