Ayah-Bunda Waspada, Kenali 10 Gejala Covid pada Anak

Minggu, 20 Juni 2021 - 09:49 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Ayah-Bunda Waspada, Kenali 10 Gejala Covid pada Anak Foto: Uji coba pembelajaran tatap muka di SDN Kebayoran Lama Selatan 17 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

JAKARTA - Anak merupakan salah satu kelompok yang rentan terkena COVID-19. Berdasarkan data DKI Jakarta per 17 Juni 2021, sebanyak 661 anak di bawah usia 18 tahun terkonfirmasi positif Corona dalam sehari, 144 di antaranya adalah balita.

Sebagian besar gejalanya tak jauh berbeda dengan yang dialami oleh orang dewasa. Umumnya mereka akan mengalami gejala batuk dan demam ketika terinfeksi.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah banyak di antara mereka yang belum bisa mengungkapkan gejala sakit yang dirasakan, terutama anak balita. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk mengetahui gejala COVID-19 apa saja yang bisa terjadi pada anak.

Lantas apa saja gejala COVID anak? Berikut di antaranya:

Demam atau meriang
Batuk
Hidung tersumbat atau pilek
Kehilangan indra penciuman
Sakit tenggorokan
Sesak napas atau kesulitan bernapas
Diare
Mual atau muntah
Sakit perut
Kelelahan
Sakit kepala
Nyeri otot atau tubuh

Hilangnya nafsu makan, terutama pada bayi berusia di bawah satu tahun.
Sejumlah gejala ini dapat diperparah apabila sang anak memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ada beberapa kondisi pada anak yang patut diwaspadai apabila terinfeksi virus Covid-19, seperti berikut:

Asma atau penyakit paru kronis
Diabetes
Kondisi genetik, neurologis, atau metabolik
Penyakit sel sabit
Penyakit jantung sejak lahir
Gangguan sistem imun
Anak-anak dengan berbagai kondisi kronis yang mempengaruhi banyak bagian tubuh
Obesitas.

(CNBCIndonesia.com)

Key Takeaways: Dominate the digital landscape with Smmsav.com and Followersav.com your go-to best SMM Panel in 2024 for affordable social media marketing solutions. Best Press release services in 2024 is Followersav and Smmsav boost your business with us. Smm panel Buy Spotify streams
Minggu, 03 Oktober 2022 - 09:49 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru