Antisipasi Kerumunan, SMPN 15 Pekanbaru Akan Terapkan PPDB 2021 Sistem Online

Kamis, 24 Juni 2021 - 22:35 WIB Pendidikan

Berita Terkait

Antisipasi Kerumunan, SMPN 15 Pekanbaru Akan Terapkan PPDB 2021 Sistem Online Kepala SMPN Pekanbaru, Muhammad Yunus

PEKANBARU, riaueditor.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 15 Kota Pekanbaru akan menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 dengan sistem online. Langkah ini dilakukan guna antisipasi terjadinya kerumunan orangtua siswa di sekolah yang dituju.

Kepala SMPN Pekanbaru, Muhammad Yunus mengatakan, pelaksanaan PPDB secara online tentunya akan lebih menjamin transparansi saat penerimaan siswa baru nantinya.

Apalagi saat penerimaan siswa baru nanti seluruh SMPN yang ada di Rumbai dan Rumbai Pesisir akan bekerjasama dengan pihak kelurahan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat.

"Seluruh SMPN akan bekerjasama dengan kelurahan dan LPM. Kita harap ini akan membuat pelaksanaan PPDB semakin membaik dari tahun sebelumnya," jelas Yunus, Kamis (24/6/2021).

Dalam PPDB Tahun Ajaran 2021/2022, demikian Yunus, SMPN 15 Pekanbaru memiliki daya tampung (kuota) sebanyak 256 siswa. Artinya sebanyak delapan kelas akan tersedia untuk siswa baru pada tahun ini.

"Jadi nanti juga ada jalur zonasi sebanyak 65 persen, prestasi 15 persen, afirmasi 15, dan pindah tugas orangtua sebanyak 5 persen," ujarnya.

Yunus menjelaskan pihak SMPN 15 Pekanbaru juga akan menempatkan operator sekolah di halaman untuk mengantisipasi kebingungan orangtua siswa saat pendaftaran anaknya. Hanya saja, operator sekolah hanya bertugas memberikan pemahaman dan penjelasan kepada orangtua siswa.

"Jadi yang mendaftarkan anaknya tetap orangtua yang bersangkutan, baik melalui android maupun laptop masing-masing," kata Yunus.

Selain itu, Yunus menambahkan, pihak SMPN 15 Pekanbaru juga akan memasang spanduk tentang tatacara pelaksanaa  PPDB di halaman pekarangan sekolah. Diharapkan spanduk ini dapat membantu para orangtua siswa dalam hal informasi soal pola PPDB.

"Dalam spanduk ini akan dijelaskan bagaimana sistem PPDB online, mulai dari tanggal pelaksanaan, persyaratan, tata cara, dan informasi penting lainnya. Kita juga akan cantumkan contact person (nomor yang bisa dihubungi) untuk orangtua siswa yang membutuhkan informasi tentang PPDB," jelas Yunus lagi.

Bagi orangtua siswa yang hendak menemui operator sekolah, Yunus menegaskan harus menerapka protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. "Jadi tidak boleh ada kerumunan nanti saat pelaksanaan PPDB," katanya.(ade)

Kamis, 21 Juni 2021 - 22:35 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru