Didampingi Bupati Siak, Kakanwil Kemenag Riau Lauching Kampung Zakat di Bungaraya

Kamis, 01 Juli 2021 - 00:20 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Didampingi Bupati Siak, Kakanwil Kemenag Riau Lauching Kampung Zakat di Bungaraya istimewa

SIAK, kabarmelayu.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau Dr.Mahyudin dan Bupati Siak H.Alfedri M.Si secara resmi melauching Kampung Bungaraya sebagai Kampung Zakat yang merupakan binaan BAZNAS Kab Siak dan Kementerian Agama Siak di kecamatan Bungaraya, Rabu (30/06/21).

Kakanwil Agama Riau dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan dan pembentukan kampung zakat ini merupakan suatu upaya dalam peningkatan pengumplan zakat khususnya di Kampung Bungaraya  kecamatan Bungaraya Siak.

"Hal ini patut kita beri Apresiasi kepada pihak Baznas Kab Siak. Dalam hal ini kita berharap potensi zakat dan pemberdayaan zakat di kabupaten Siak pada umumnya bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Bupati Siak dalam sambutannya menyampaikan bahwa Launcing kampung zakat merupakan upaya Baznas dan Kemenag Siak untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat, penyaluran dan pemberdayaan zakat agar lebih baik lagi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa di kecamatan Bungaraya adalah sentra pertanian sawah dan perkebunan sawit, yang pada dasarnya potensi zakat cukup besar di wilayah ini. 

"Maka dari itu ke depan kita berharap dengan sudah dibentuknya Kampung zakat di Bungaraya ini dapat menjadi contoh bagi Upz dan Baznas lainnya, baik itu dari segi pengumpulan, penyaluran dan pendayagunaan zakat yang baik," katanya.

Kalau dihitung secara spesifik dari hasil pendaparan masyarakat kecamatan Bunga raya dari hasil Panen Padi dan sawit, potensi zakat capai 3 Milyar dalam setahun. 

"Dengan sudah dibentuknya kampung zakat di Bungaraya, diharapkan masyarakat kecamatan Bungaraya dan masyarakat Siak pada umumnya semakin sadar untuk menunaikan zakat di Baznas," tandas Alfedri.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Siak H. Abdul Rasyid Suharto menjelaskan Bahwa. Lauching Kampung Zakat di Bunga Raya ini merupakan upaya Baznas dan Kemenag Siak untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pengumpulan zakat di Siak. 

Menurutnya, walaupun saat ini pengumpulan zakat kabupaten Siak terbanyak di Propinsi Riau, namun kita mengakui bahwa masih banyak potensi zakat yang belum tergarap.

"Maka dari itu kami dari pihak Baznas berharap kepada pemerintah kabupaten, OPD terkait, pemerintah kecamatan dan kampung, serta pemuka agama, agar terus memberikan dukungan serta sinergifitas dengan pihak Baznas agar pengumpulan  zakat lebih meningkat dan penyaluran serta pendayagunaan zakat semakin membaik," pungkasnya. (man)

Kamis, 16 November 2020 - 00:20 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru