Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Gerai Sentra Budaya dan Ekraf Melayu Riau secara Virtual

Sabtu, 03 Juli 2021 - 20:06 WIB Advertorial

Berita Terkait

Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Gerai Sentra Budaya dan Ekraf Melayu Riau secara Virtual istimewa

PEKANBARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno resmi membuka Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) secara virtual di Balai Adat LAM Riau, Sabtu (3/7/2021).

"InsyaAllah Gerai Sentra Budaya dan Ekraf Melayu Riau ini akan menjadi penyemangat kita membangkitkan optimisme ditengah Pandemi dan tantangan ekonomi," kata Menparekraf. 

"Oleh karena itu saya apresiasi kepada Lembaga Adat Melayu Riau, SKK Migas, Chevron Pacific Indonesia, Pemprov Riau, serta seluruh stake holder yang hari ini sudah menyelesaikan Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau ini," katanya lagi.

Menparekraf RI, Sandiaga Uno

Menparekraf menjelaskan, sektor Parekraf memiliki potensi besar, dan memiliki bonus demografi anak-anak muda, milenial dan Riau juga punya keragaman budaya, kekayaan seni, dan tentunya sektor ekonomi kreatif yang sangat berpotensi. 

"Ini memiliki nilai strategis sebagai wadah untuk para pelaku ekonomi kreatif untuk bangkit di saat yang sulit. Ayo menang melawan COVID. Together CTI Riau Yes, We Can Do It," kata Menparekraf memberikan semangat untuk masyarakat di Bumi Melayu Lancang Kuning itu. 

Menparekraf berharap pada masa pandemi COVID-19, para pelaku parekraf bisa meningkatkan kemampuan untuk berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi. "Mari kita dorong apa yang tadi disampaikan oleh Bapak Gubernur Riau, terapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Kita yakin bahwa pandemi ini akan bisa teratasi. Tapi kuncinya adalah kita semua bergandengan tangan," harapnya.

Ket. Foto: Gubernur Riau H Syamsuar bersama Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution ketika hadir pada acara peresmian Gerai Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau. 

Lebih lanjut, Menparekraf mengajak masyarakat dan para pelaku parekraf di Riau agar bisa memanfaatkan Gerai Sentra Budaya Ekraf Riau dengan sebaik-baiknya. Baik itu untuk ajang promosi dan peningkatan ekonomi masyarakat. 

"Mari kita gunakan Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau ini untuk menampilkan berbagai macam jenis Kerajinan Budaya dan Kuliner. Sudah saatnya kita kembangkan produk-produk ekonomi kreatif di Riau selain sektor pariwisata," ujar Menparekraf mengajak masyarakat Riau.

Kemudian, Menparekraf juga menjelaskan, bahwa ia meyakini kalau Riau bisa menampilkan sisi-sisi ekonomi kreatif yang baru seperti Gaming, Musik, Film maupun Animasi, dan kegiatan ekonomi kreatif seni dan budaya. Menurutnya kegiatan tersebut bisa ditampilkan secara rutin dikemas melalui kegiatan seni pertunjukan. 

"Kita bangkitkan semangat untuk melestarikan dan kita hadirkan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan. Oleh karena itu saya dengan bangga hari ini meresmikan pembangunan dan pemanfaatan Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau. Semoga ini dapat mendorong inovasi, mendorong kolaborasi kepada seluruh pemangku kepentingaan dengan prinsip 3G yaitu GerCep (Gerak Cepat) We don't have much time, GeBer (Gerak Bersama), We Have Tumbuh Together, dan yang terakhir GasPol. Garap semua potensi untuk kita bisa bangkit dan menjadi pemenang pasca pandemi ini," tandasnya.

Di kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno, sempat bernostalgia dengan masyarakat Riau tentang bagaimana keadaan Riau pada masa ia tinggal di Pekanbaru. Dimana ketika itu Menparekraf benostalgia pada masa provinsi yang memiliki tagline Riau The Homeland of Melayu itu, banyak dirimbuni berbagai macam pepohonan.

Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Menparekraf yang bisa hadir pada acara tersebut, meski melalui virtual dan sekaligus berkenan meresmikan gerai yang telah disiapkan beberapa bulan yang lalu.

"Kami bangga bahwa hari ini Menparekraf bisa hadir juga sekaligus nanti dapat memberikan motivasi pada kami. Dan kami harapkan sesuai dengan apa yang kami sampaikan pada waktu beberapa hari yang lalu pada kegiatan kongres IKA UNRI, kami juga mohon berkenan selesai nanti PPKM Darurat mohon berkenan Bapak berkunjung ke Riau sekaligus bisa membantu mempromosikan Wisata dan Ekonomi Kreatif Riau," ujar Gubri.

Gubri menyampaikan apa yang telah dilihat di daerah lain, baik Bali, NTB, Jakarta, dan Kepri di mana khasanah-khasanah pariwisata dan ekonomi kreatifnya cukup banyak.

"Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kampung halaman [Riau,red] Pak Menparekraf juga tak kalah menarik. Namun, kami juga butuh dukungan dan promosi agar tentunya Provinsi Riau ini juga bisa berkhidmat dalam rangka memajukan pariwisata dan sekaligus juga ekonomi kreatif di bumi melayu ini," tandas Gubri. (MCR)

Sabtu, 20 Januari 2020 - 20:06 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru