Kadisbud Riau Hadiri Forum Pembekalan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2021

Sabtu, 10 Juli 2021 - 23:09 WIB Budaya

Berita Terkait

Kadisbud Riau Hadiri Forum Pembekalan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2021 istimewa

PEKANBARU - Kepala Dinas  Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen menghadiri forum pembekalan tentang Kebudayaan Melayu Riau bagi peserta muhibah budaya jalur rempah Tahun 2021 di Perkantoran Bandar Sri Melayu Taman Budaya Riau, Sabtu (10/7/2021). 

Ia mengungkapkan bahwa Dinas Kebudayaan Provinsi Riau beberapa waktu lalu telah melakukan rekrutmen pada Muhibah Budaya Jalur Rempah. Yang mana telah ditetapkan lima calon peserta dan dua cadangan.

Diungkapkannya, pembekalan tersebut sebagai bentuk pembelajaran kepada para peserta sebelum berlayar menjadi Duta Melayu Riau.

"Dalam juknis yang kita terima, peran dari para peserta ini hanya sebatas mengikuti pelayaran dan mengikuti atraksi melalui bakat yang mereka miliki," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti pembekalan ini dapat melakukan yang terbaik dalam melakukan pelayaran muhibah budaya jalur rempah Tahun 2021. 

"Kami berharap para peserta yang terpilih bisa melakukan yang terbaik dalam melakukan pelayaran yang akan dijalani ke depannya," ungkapnya.

Sementara itu, Budayawan Melayu Riau, Taufik Ikram Jamil mengucapkan bahwasanya orang melayu itu adalah orang yang sengaja memelayukan dirinya. 

"Yang dikatakan orang melayu itu adalah orang yang merendahkan dirinya atau sengaja melayukan dirinya," ujarnya.

Selain itu, Taufik menambahkan berperilaku baik, berlaku adil, tidak sombong, dan melakukan yang terbaik itu juga merupakan tindakan dari orang melayu. 

"Kalau engkau berperilaku baik itu engkau melayu, kalau engkau berlaku adil melayu engkau, kalau engkau tidak sombong maka melayulah engkau," ungkapnya.

Taufik juga mengatakan bahwasanya melayu tidak dipandang dalam darah yang ada dalam diri. Namun, melainkan melayu itu lebih memandang kepada sifat seperti orang yang merendahkan dirinya. 

"Melayu itu juga tidak dipandang dalam darah yang ada dalam diri. Melayu itu lebih kepada sifat seperti orang yang merendahkan dirinya," tuturnya.

Turut hadir dalam forum Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Seri Al Azhar, Budayawan Melayu Riau Taufik Ikram Jamil dan para peserta muhibah budaya jalur rempah yang mengikuti secara langsung dan virtual.(MCR)

Sabtu, 04 April 2017 - 23:09 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru