Cegah Klaster Keluarga, Tim Satgas Tancap Gas Jemput Pasien Isoman di Rumah

Kamis, 15 Juli 2021 - 20:02 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Cegah Klaster Keluarga, Tim Satgas Tancap Gas Jemput Pasien Isoman di Rumah istimewa

PEKANBARU - Setelah 60 unit mobil Ambulans diberangkatkan oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, Kamis (15/7/2021), Tim Satgas langsung bergerak cepat menjemput pasien yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) dirumah.

Menindaklanjuti arahan Wakil Gubernur Riau, Kapolresta Kombes Nandang Mu'min Wijaya dan Kadiskes Provinsi Mimi Yuliani Nazir, serta Kadiskes Kota Pekanbaru, dr Arnaldo Eka Putra, langsung turun ke lokasi penjemputan pasien terkonfirmasi positif yang melakukan Isoman di Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru. 

Kapolresta menyebutkan, saat kedatangan pihaknya salah satu pasien COVID-19 yang dijemput sempat terlihat panik karena kedatangan petugas. Namun, petugas kesehatan langsung memberikan penjelasan.

"Saat kami datang salah satu pasien sempat kaget. Namun, petugas kesehatan langsung memberikan penjelasan. Bahwa tujuan menjemputnya adalah langkah memaksimalkan perawatan di tempat yang layak," sebut Kapolresta.

Penjemputan ini, sebut Kapolresta, juga berdasarkan instruksi yang diterima pihaknya. Agar Satgas COVID-19 mengevakuasi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk dibawa ketempat perawatan yang layak.

"Harapannya dengan langkah menjemput pasien ini, agar dapat meningkatkan angka kesembuhan dan mencegah penularan COVID-19 pada klaster keluarga atau perumahan," jelas Kapolresta.

Sedangkan, hasil koordinasi pihaknya bersama tim kesehatan. Dijelaskan, bahwa wilayah yang didominasi pasien isolasi mandiri terbanyak dari Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tenayan Raya.

"Menurut data yang kami terima. Pasien yang terbanyak melakukan Isoman dirumah berada di Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Bukit Raya maupun Marpoyan Damai," ungkap Kapolresta.

Sebelumnya, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru mengerahkan 60 unit ambulans mendatangi rumah warga yang menjalani isoman. Wakil Gubernur Riau meminta penjemputan akan diselesaikan hari ini, terhadap 455 orang pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Pasien Isoman akan dibawa ke tempat isolasi pemerintah, yang tersebar di sejumlah lokasi di Pekanbaru. Yakni Gedung Bapelkes Jalan Subrantas Panam, LPMP Rejosari Tenayan Raya, BPSDM di Jalan Ronggowarsito, Asrama Haji Riau Jalan Mekar Sari dan Rusunawa di Tenayan Raya.

Pemprov Riau menyadari bahwa selama ini ada banyak pasien COVID-19 yang menjalani masa isolasi mandiri di rumah, tidak mendapat pemeriksaan dan penangan kesehatan secara maksimal dari petugas medis. Artinya, mereka tak bisa dipantau setiap saat.

"Ini wujud nyata pemerintah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang terpapar COVID-19. Kami berharap, kebijakan ini mampu menjawab pertanyaan publik terkait apa yang sudah dilakukan pemerintah daerah terhadap pasien COVID-19 di Riau," kata Wakil Gubernur Riau.(MCR)

Kamis, 15 Juli 2021 - 20:02 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru