Bersama LAM Riau, Korem 031/WB Taja Talkshow Bakti Sosial Dapur Lapangan

Senin, 02 Agustus 2021 - 19:44 WIB Sosial

Berita Terkait

Bersama LAM Riau, Korem 031/WB Taja Talkshow Bakti Sosial Dapur Lapangan riaueditor.com/har

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Bukti kepedulian prajurit TNI khususnya Korem 031/Wira Bima terhadap warga masyarakat yang terdampak wabah covid-19 hingga mengancam sektor ekonomi masyarakat adalah dengan mendirikan dapur lapangan, kemudian membagi-bagikan makanan setiap hari ke berbagai kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru.

Seperti apa peran bakti sosial dapur lapangan Korem 031/WB dalam meringankan beban masyarakat terdampak pandemi covid-19 dengan PPKM Ketat saat ini, Korem 031/WB bekerja sama dengan pengurus LAM Riau menaja Talkshow yang dipandu Ali Dahlan, penyiar Bharabas 97.5 FM langsung dari Posko Dapur Lapangan Korem 031/WB yang ada di lingkungan Balai Adat LAM Riau. Turut hadir Anggota DPR RI asal Riau, Drs H Ahmad MSi.

Danrem 031/WB Brigjen Syech Ismet diwakili Kasrem 031/WB Kolonel Junaidi M mengatakan kehadiran dapur lapangan ini adalah dalam rangka mensuplai makanan siap saji kepada warga yang membutuhkan.

"Dalam hal ini para Babinsa mendata di wilayahnya masing-masing masyarakat mana yang betul-betul sangat membutuhkan seperti sembako atau makanan siap saji atau bisa langsung disantap yang didistribusikan petugas ke setiap wilayah," ujar Kasrem.

Dikatakan Kasrem Kolonel Junaidi, dapur lapangan ini sudah beroperasi selama 11 hari terhitung sejak diresmikan Gubrnur Riau pada tanggal 23 Juli 2021 lalu. Saat ini dari dapur lapangan ini mampu memproduksi sekitar 600 bungkus makanan siap saji setiap harinya. 

"Di sini TNI bekerja sama dengan Brimob Polda Riau, dan Tagana dari Dinas Sosial. Dalam hal ini TNI selalu membuka diri bekerja sama dengan komponen bangsa lainnya, kita tidak mau berdiri sendiri, kita mau bersama-sama," ulasnya.

Disinggung siapa yang memulai rencana kegiatan Dapur Lapangan ini, Kasrem menjelaskan, Dapur Lapangan ini sebelumnya diinisiasi Bapak Danrem dan pastinya sudah dikoordinasikan dengan Bapak Gubernur maupun Forkopimda Riau, termasuk dengan bapak Walikota dan Kapolres, dan Dandim Kota Pekanbaru.

"Harapannya dapur lapangan ini terus berdiri sepanjang PPKM atau pandemi Covid masih melanda sehingga masyarakat terbantu dengan sangat maksimal," terangnya.

Kasrem juga mengharapkan masyarakat Riau yang memiliki rezeki berlebih atau kesempatan untuk beribadah kiranya menyalurkan donasi atau sumbangan langsung ke Posko di sini.

"Donasi atau bantuan bisa berbentuk rupiah, beras, apa pun akan kita terima di sini dan semua tercatat. Kalau yang tak mau disebut namanya bisa hamba Allah, semua bisa dilihat, kita sangat open manajemen, semua untuk membantu masyarakat di sekeliling kita," kata Kasrem 031/WB ini.

Terakhir Ali Dahlan juga menyinggung kwalitas makanan siap saji tersebut agar terjamin higienis, Kasrem menegaskan bahwa Korem 031/WB memiliki Tim penguji yang disebut food security yang bertugas menguji zat yang terkandung dalam makanan sebelum disajikan, baik itu kepada pejabat atau tamu kepresidenan.

"Jadi setiap kandungan makanan sebelum disajikan sudah melalui food security, dan itu berlaku sama, baik tamu pejabat, bahkan Presiden sekalipun. Tim bertugas menjamin bahwa makanan tersebut bersih dan sehat dikonsumsi siapa saja, dan tidak mengandung zat-zat yang membahayakan," tukasnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari fraksi Demokrat Drs H Ahmad MSi menyampaikan apresiasinya dan salut atas aktifitas yang dinilai sangat kemanusiaan membantu masyarakat kita akibat covid yang berdampak global.

"Apa yang dilakukan pak Danrem ini kami sangat mendukung sekali, walau dalam bentuk nasi bungkus, namun justru ini yang sangat dibutuhkan masyarakat kita sekarang ini. Oleh karena itu kami turut menghimbau semua komponen masyarakat untuk melakukan hal yang sama, atau bisa bergabung di Posko yang ada di LAM ini, harapan kita gerakan terus menerus selama dibutuhkan," ujar Ahmad.

Dikatakan Ahmad, saat ini masyarakat kita banyak yang terputus mata pencahariannya, dan banyak yang kehilangan pekerjaan.

"Nah tentu dengan program TNI manunggal bersama rakyat ini dalam bentuk bantuan logistik nasi bungkus ini sangat dirasakan manfaatnya, dan saya sangat bersimpati dan akan turut memberikan sumbangan secara pribadi," ungkap Ahmad.

Masih di tempat yang sama, mewakili Dewan Pengurus Harian LAM Riau, Datuk Khairul Zainal yang didampingi Datuk Hermansyah berharap awak media turut berperan aktif menyebarluaskan guna mengetuk hati masyarakat agar kegiatan seperti ini menjadi kegiatan massal sehingga rasa kesetikawanan kita sesama masyarakat sehingga terbentuk dapur-dapur baru akan muncul di mana-mana.

"Pada dasarnya kami sama dengan prinsip orangtua dulu, "Apa tanda Melayu bermartabat, terhadap hal-hal baik kita sepakat, Apa tanda kita bermarwah maka sesama kita saling tolong menolong," ungkap Datuk Khairul.

Lanjutnya, dengan prinsi ini sehingga tidak ada warna politik, tidak ada warna kepentingan, yang ada saat ini adalah gerakan kita membantu sesama.

"Terima kasih kepada pak Danrem yang menempatkan Dapur Lapangan ini di LAM Riau ini. Kami juga melibatkan penggawa-penggawa kami bersama petugas dari Korem, Brimob Polda dan Tagana untuk bersama-sama menyiapkan makanan ini setiap harinya, semoga ke depan bisa mencapai 1000 bungkus per harinya," tukas Datuk Khairul.

Terpisah, Panglima Madya Penggawa LAM Riau, Datuk Yudi Syafrudin juga menyampaikan ungkapan terima kasih warga masyarakat kepada Bapak Danrem 031/WB, Bapak Gubernur Riau beserta Forkopimda, dan berharap kegiatan bagi-bagi makanan ini mampu menjangkau saudara-saudara yang lain.

"Kami berharap sumbangan dan donasi terus mengalir, terutama dari pihak swasta atau perusahaan besar yang ada di Riau, karena masih banyak diantara saudara-saudara yang susah yang belum kebagian," pungkasnya.(har)

Key Takeaways: Dominate the digital landscape with Smmsav.com and Followersav.com your go-to best SMM Panel in 2024 for affordable social media marketing solutions. Best Press release services in 2024 is Followersav and Smmsav boost your business with us. Smm panel Buy Spotify streams
Senin, 25 November 2023 - 19:44 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru