64 Tahun Provinsi Riau, Semangat dan Dukungan Sejumlah Petinggi Negara

Selasa, 10 Agustus 2021 - 19:24 WIB Lifestyle

Berita Terkait

64 Tahun Provinsi Riau, Semangat dan Dukungan Sejumlah Petinggi Negara istimewa

PEKANBARU - Peringatan Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau yang bertepatan dengan tanggal 9 Agustus 2021 mendapat perhatian luas dari berbagai kalangan. Tidak saja dari para tokoh dan masyarakat Riau, tetapi juga sejumlah petinggi negara seperti Menteri Perekonomian Airlangga Hartato, Wakapolri Komjen Pol Dr Gatot Edy Pramono, MSi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Hampir keseluruhannya memberikan semangat dan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Riau untuk terus berjuang memulihkan kondisi saat ini dan keluar dari masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang sudah dua tahun mendera dunia, termasuk Indonesia. 

Menko Perekonomian Dr Ir H Airlangga Hartato, MMT, MBA, dalam ungkapan hatinya yang disampaikan melalui video, mengatakan, momen ulangtahun selalu menjadi moment dalam menata ulang harapan yang lebih baik serta memupuk semangat dan daya juang. "Saya mengucapkan selamat ulangtahun Provinsi Riau ke-64 kepada seluruh jajaran Pemerintahan Provinsi Riau dan juga masyarakat bumi Lancang Kuning," kata Menko Perekonomian Hartarto.

Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut mengungkapkan, tema HUT Riau ke-64 "Bangkit Bersama Menuju Riau Berdaya Saing" sangat relevan dan menjadi pengingat bagi kita bahwa semangat gotong royong yang merupakan bagian dari budaya leluhur bangsa ini akan mampu membawa kita keluar dari masa-masa yang paling sulit sekalipun. "Tema itu juga sangat relevan dalam menyongsong moment peringatan perayaan Kemerdekaan Indonesia serta dalam upaya taktik mengendalikan pandemi Covid-19 dan usaha kerja keras memulihkan ekonomi bangsa," tegasnya. 

"Semoga Provinsi Riau senantiasa bergerak maju dengan selalu mengembangan pemikiran-pemikiran baru bagi kesejahteraan seluruh rakyat dan mampu senantiasa mendukung kemajuan bangsa," kata Menko Hartarto yang mengakhiri testimoninya dengan sebaris pantun:

Jalan-jalan berempat di musim kemarau
Selamat Hari Jadi keenam puluh empat Provinsi Riau

Sinergitas

Wakil Kepala Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol Dr Gatot Edy Pramono, MSi yang juga salah seorang putra terbaik Riau dalam testimoninya terkait HUT Riau ke-64 menyampaikan harapannya supaya Provinsi Riau akan semakin maju dan berkembang dengan semangat "Bangkit bersama Menuju Riau Berdaya Saing". 

"Sinergi, koordinasi dan kolobarasi Forkopimda dengan seluruh komponen masyarakat terus ditingkatkan. Terlebih lagi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dalam rangka menuju masyarakat sehat dan ekonomi bangkit," ujar Gatot yang juga Ketua Umum Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) tersebut.

Tak lupa di akhir video testimoninya yang berdurasi 1 menit 29 detik itu, alumni SMA Negeri 1 Pekanbaru angkatan 1984 itu membawakan dua bait pantun: 

Anak Tembilahan menanam bakau
Bakau dibawa dari Sei Pakning
Enam puluh empat tahun Usia Provinsi Riau
Terus bangkit menuju daerah yang Berdaya Saing

Pergi memancing di Rokan Hulu
Singgah sejenak di Bangkinang
Provinsi Riau sudah semakin maju
Masyarakat senang daerah gemilang

Tetap Kuat dan Semangat

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam testimoni Hari Jadi Riau ke-64 menyampaikan harapannya kepada segenap pemerintah dan masyarakat Provinsi Riau agar tetap kuat dan semangat bersama-sama menumbuhkan rasa persaudaraan dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

"Saya Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengucapkan selamat hari Jadi ke-64 Provinsi Riau, provinsi kelahiran saya. Saya sendiri lahir di kecamatan Rumbai, Pekanbaru," ungkap Sandiaga Uno.

Semoga Pemerintah Provinsi Riau, kata Sandiaga, berhasil melaksanakan program-program untuk mencapai visi misi serta berperan aktif dalam memulihkan ekonomi Indonesia dan melanjutkan agenda pembangunan pasca-pandemi Covid-19. 

"Mari terus bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar lapangan pekerjaan terbuka seluas-luasnya. Sehingga mampu mensejahterakan masyarakat serta berkontribusi dalam memajukan perekonomian nasional," ujar mantan Cawapres dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sandiaga juga menyampaikan rencananya mengunjungi Povinsi Riau karena ada beberapa destinasi wisata yang luar biasa di Bumi Lancang Kuning. Salah satunya, sebut Sandi Uno, adalah Bono, ombak di muara sungai Kampar di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

"Mari bangkit di saat sulit, menang melawan Covid. Together Pemprov Riau, Yes we can do it. Bersama menuju Riau Berdaya Saing. Saya sampai lupa memakai tanjak yang merupakan salah satu produk ekonomi kreatif dari Riau. Sukses sekali lagi dan bangga menjadi kelahiran Riau," ujar Menparekraf Sandiaga Uno yang menutup testimoninya dengan sebaris pantun:

Indonesia miliki alam yang menakjubkan
Salah satunya di Provinsi Riau ada juga yang disebut Bono
Provinsi Riau haruslah pariwisatanya terus kita kembangkan
Pulihkan perekonomian Riau Indonesia pun bangkit kembali

Harapan Para Mantan Gubernur

Selain sejumlah pejabat negara, sejumlah Gubernur provinsi tetangga seperti Sumbar, Sumut, dan Kepri juga menyampaikan ucapan yang sama di hari Jadi Provinsi Riau ke-64. Begitu juga dengan para tokoh Riau dan sejumlah Gubernur Riau sebelumnya. Hal itu disampaikan kepada Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi, saat Peringatan HUT Riau ke-64 yang digelar secara virtual di Ruang Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau.

"Semoga Provinsi Riau semakin jaya dan berkembang, masyarakatnya menjadi sejahtera. Semuanya menjadi harapan kita semua dan harapan masyarakat. Semoga Allah yang maha kuasa memberikan rahmat kepada kita semua," kata mantan Gubernur Riau H Annas Maamun.

“Saya dan keluarga mengucapkan Selamat hari jadi ke-64 Provinsi Riau. Semoga di masa Pandemi ini kita tetap bersatu bersama bahu membahu menghadapi pandemi ini untuk menuju Riau yang berdaya saing di segala sektor,” kata Arsjadjuliandi Rachman, mantan Gubernur Riau yang kini anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar.

Perayaan yang tetap dilakukan di masa Pandemi Covid-19 ini, lanjut Andi, merupakan semangat kolaborasi yang terus kita bangun untuk terus mencapai Visi Riau 2025 dan visi gubernur Riau sampai 2024. sehat selalu untuk semua. 

Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Al-Azhar yang turut menyapa Gubri Syamsuar secara virtual dan mengucapkan tahniah Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau, berharap semoga tujuan kita tercapai menjadi provinsi yang berdaya saing. 

“Saat ini dalam situasi yang sulit karena pandemi Covid-19 ini, melalui forum ini izinkan dari LAM Riau menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa pandemi bisa di atasi dengan kebersamaan,” kata Al-Azhar. 

Harapan serupa disampaikan Ketua Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau Chaidir. Dia mengatakan, bahwa menghadapi Pandemi sekarang ini, Riau Memiliki Modal sosial untuk Bangkit dengan istilah pepatah “Berat sama di pikul ringan sama di jinjing”.

“Sebagai Ketua  forum komunikasi Pemuka Masyarakat Riau kami mengucapkan tahniah dan selamat hari jadi Provisni Riau ke 64, semakin maju dan berjaya. Mari bangkit bersama, karena kita memiliki modal sosial yang sering diistilahkan berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Hal ini perlu kita kembangkan. Senantiasa berpikir positif, beradaptasi terhadap kesulitan yang kita hadapi, memperbaiki diri memperbaiki komunikasi diri kita. kami optimis dengan rasa percaya diri bisa bersama bangkit menuju Riau berdaya saing,” ujar Chaidir. 

“Semoga kita bisa bersama sama mengatasi pandemi Covid19 dan Riau ke depan semakin berdaya saing,” kata Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi singkat. (**)

Selasa, 01 April 2020 - 19:24 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru