Mahasiswa Kukerta Unri 2021 Sulap Daun Sirih Jadi Handsanitizer

Minggu, 15 Agustus 2021 - 23:02 WIB Pendidikan

Berita Terkait

Mahasiswa Kukerta Unri 2021 Sulap Daun Sirih Jadi Handsanitizer Kukerta Unri

KUANTAN MUDIK, kabarmelayu.com - Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau, Pebaun Hulu 2021 menyulap daun sirih menjadi Handsanitizer, kemudian membagikannya kepada masyarakat Pebaun Hulu secara gratis untuk melindungi diri dan orang lain dari serangan virus corona Covid-19. 

Langkah ini dilakukan mahasiswa Kukerta Balek Kampung guna menumbuhkan rasa peduli masyarakat Pebaun Hulu terhadap kebersihan diri dan lingkungan di masa pandemi ini.

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau ini berhasil mengolah daun sirih sebagai bahan utama untuk membuat Handsanitizer (Pembersih Tangan) yang efektif membunuh kuman dan virus.

Kegiatan ini terinspirasi karena banyaknya daun Sirih di Desa Pebaun Hulu yang masih minim digunakan," kata penanggung jawab kegiatan, Enggia Yugan.

Proses pembuatannya sangat sederhana, yaitu pertama, mencuci Daun Sirih lalu memotongnya kecil-kecil.

Berikutnya daun yang sudah dipotong-potong tersebut direbus dengan air hingga mendidih, lalu diamkan beberapa saat.

Selanjutnya setelah beberapa saat, hasil air rebusan itu disaring kedalam wadah penampung. Lalu masukan sedikit perasan Jeruk Nipis sebagai anti septiknya, Setelah itu saring kembali untuk memisahkan ampas jeruk nipisnya.

Terakhir, Masukan Air Daun Sirih itu kedalam botol kecil (30 ml), dan Handsanitizer (Pembersih Tangan) dari Daun Sirih siap digunakan.

Handsanitizer yang sudah dikemas dan siap pakai tersebut mereka bagikan kepada warga masyarakat di Desa Pebaun Hulu pada Kamis (12/8/2021) sore di Lapangan Volley Desa Pebaun Hulu, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi.

Enggia Yugan mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat kampung setempat.

"Kami selaku mahasiswa yang sedang melakukan kukerta di Desa Pebaun Hulu ini berharap kegiatan ini tak hanya menjadi program kerja kukerta, tetapi juga dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat setempat," tandas Enggia.

Tim Pengabdian Kukerta Universitas Riau dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ns. Arneliwati M.Kep meminta kegiatan pembuatan dan pembagian Handsanitizer ini tetap diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan di mana mahasiswa kukerta dan masyarakat tetap menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Tentunya dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 yang masih tinggi saat ini," katanya.(*)

Key Takeaways: Dominate the digital landscape with Smmsav.com and Followersav.com your go-to best SMM Panel in 2024 for affordable social media marketing solutions. Best Press release services in 2024 is Followersav and Smmsav boost your business with us. Smm panel Buy Spotify streams
Minggu, 18 Agustus 2023 - 23:02 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru