Peta Jalan Indonesia Digital Sebagai Pedoman Strategis Perjalanan Bangsa

Senin, 13 September 2021 - 17:03 WIB Iptek

Berita Terkait

Peta Jalan Indonesia Digital Sebagai Pedoman Strategis Perjalanan Bangsa

PEKANBARU - Kementerian Komunikasi Informasi (Kominfo) menyiapkan peta jalan Indonesia digital tahun 2021-2024 sebagai pedoman strategis perjalanan bangsa dalam melaksanakan agenda tranformasi digital nasional.

"Peta jalan Indonesia digital ini dirancang untuk diimplementasikan pada empat sektor strategis," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate pada kegiatan Program Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2021 secara virtual, Senin (13/9/2021).

Adapun empat sektor strategis tersebut diantaranya Infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. 

Selain itu dalam mengembangkan masyarakat digital, Kominfo memiliki tiga tingkatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), diantaranya mulai dari tingkat kecakapan dasar, tingkat kecakapan menengah dan tingkat kecakapan lanjutan.

"Untuk tingkat kecakapan lanjutan Kominfo memiliki program Digital Leadersip Academy yang sering di sebut DLA yang pada tahun 2021 ini akan diberikan kepada 300 peserta dilevel pimpinan tinggi maupun level dari pimpinan publik serta sektor privat di Indonesia," terangnya.

Ia menjelaskan, pelatihan ini berfokus untuk meningkatkan kepemimpinan digital sebagai titik-titik kritikal dalam mendorong akselerasi transformasi digital nasional.

"Kepemimpinan digital ini merupakan satu kunci keberhasilan transformasi digital nasional mengingat para pemimpin semakin dituntut untuk memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang pangkas dan relevan dengan relief perkembangan era digital," pungkasnya. (MC)

Senin, 07 Mei 2020 - 17:03 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru