Komisi I DPR RI: Program DLA Dorong Perubahan Wujudkan Transformasi Digital

Selasa, 14 September 2021 - 10:36 WIB Iptek

Berita Terkait

Komisi I DPR RI: Program DLA Dorong Perubahan Wujudkan Transformasi Digital

PEKANBARU - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengatakan bahwa program Digital Leadersip Academy (DLA) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pemimpin dan juga menginisasi serta mendorong perubahan dalam mewujudkan transformasi digital.

"Salah satu wujudnya adalah merumuskan kebijakan dan kolaboratif serta mendorong sinergitas dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan induatri digital sehingga terjadi peningkatan daya saing ekonomi digital di Indonesia," ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan program DLA tahun 2021 secara virtual, Senin (13/9/2021).

Meutya mengungkapkan bahwa saat ini tidak bisa dipungkiri transformasi digital adalah keniscayaan bahkan kebutuhan.

Apalagi sejak adanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu menjadi pemicu praktis sebagian aktivitas yang dilakukan berbasis digital seperti pemerintahan, e-banking, perbankan, bisnis, dan lain sebagainya.

"Transformasi digital bertumpu pada kemampuan yang dimiliki seorang teknologi dengan tujuannya adalah menciptakan atau proses operasional sehingga menimbulkan nilai baru," jelasnya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat dan dinamis harus dibarengi persiapan yang baik dari sisi regulasi dan perlu adanya regulasi yang mampu menjadi payung hukum dalam mengatur tranformasi digital dengan tepat.

"Pembuat regulasi tentunya adalah pemimpin dan peran serta leaders sangat penting karena memiliki tugas pokok diantaranya untuk merencanakan, mengatur, menggerakkan dan mengawasi," ucapnya.

Salah satu dari tugas tersebut adalah harus mampu untuk membuat kebijakan yang baik sekaligus menginisiasi mendorong perubahan.

Untuk itu Mautya Hafid memberi apresiasi kepada Kominfo atas program DLA yang digagas dengan tujuan untuk meningkatkan kopetensi para pembuat kebijakan dalam membuat regulasi. (MC)

Selasa, 05 November 2016 - 10:36 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru