Dukung Program Adopsi Pohon, Dinas LHK Riau Latih Staf KPH Inventarisasi Pohon

Selasa, 14 September 2021 - 11:15 WIB Lingkungan

Berita Terkait

Dukung Program Adopsi Pohon, Dinas LHK Riau Latih Staf KPH Inventarisasi Pohon Lokalatih Inventarisasi Hutan dan penilaian Sumber Daya Hutan (SDH) bagi staf Kasatuan Pengelola Hutan (KPH)

PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Mamun Murod membuka pelatihan Inhouse Training atau Lokalatih Inventarisasi Hutan dan penilaian Sumber Daya Hutan (SDH) bagi staf Kasatuan Pengelola Hutan (KPH), Senin (13/9/2021) di salah satu hotel Pekanbaru. 

Mamun Murod mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kemampuan dalam menginventarisasi potensi kayu dan non kayu di areal kerja KPH masing-masing. 

"Adanya training ini perserta kita harap mengerti bagaimana teknik inventarisasi yang tepat dan akurat, dalam melaksanakan inventarisasi agar data yang diperoleh akurat dan dapat dijadikan bahan penyusunan dokumen dimasa yang akan datang," katanya. 

Lebih lanjut Mamun Murod menyampaikan, inventarisasi tersebut merupakan kegiatan untuk mengetahui kekayaan/potensi hutan di KPH. 

"Ini juga mendukung implementasi adopsi pohon. Karena pada saat ini kita kualahan menyediakan pohon yang bisa diadopsi, sebab minat adopter cukup besar. Baik itu dari perusahaan perkebunan, kehutanan, listrik, minyak dan gas, serta perorangan. Sementara ketersediaan pohon yang sudah di inventarisasi terbatas," ungkapnya. 

Karena itu, sebut Murod, dalam memenuhi permintaan itu pihaknya dibantu KPH Tasik Besar Serkap melakukan pelatihan kepada seluruh stf KPH agar memiliki kapasitas atau kemampuan untuk melakukan inventarisasi pohon.

"Dengan begitu harapannya bisa mempercepat inventarisasi pohon di setiap KPH, yang wilayahnya masuk perhutanan sosial. Kemudian data identifikasi pohon itu guna memenuhi pemintaan adopsi pohon," tukasnya. (MC)

Selasa, 11 Agustus 2021 - 11:15 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru