3 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Anda Kurang Tidur

Rabu, 15 September 2021 - 18:49 WIB Kesehatan

Berita Terkait

3 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Anda Kurang Tidur Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Olive

JAKARTA - Setiap orang pastinya pernah begadang karena padatnya aktivitas atau banyaknya pekerjaan yang menumpuk. Bahkan banyak pula orang yang senang begadang meski tanpa alasan yang jelas. Namun banyak yang tak tahu jika Anda kekurangan tidur, hal ini dapat mempengaruhi hormon Anda dan fungsi tubuh Anda. 

Kurang tidur juga dapat mempengaruhi segalanya mulai dari hormon stres, dan kadar insulin Anda. Dilansir dari Bustle, Veronica Anderson, seorang praktisi kedokteran mengatakan bahwa kurang tidur menyebabkan ketidakseimbangan dalam banyak hormon pada tubuh.

Selain itu, hal ini memiliki dampak pada hormon utama yang disebut hipotalamus-hipofisis serta sistem saraf. Berikut ini adalah tiga hal yang dapat mempengaruhi hormon bila Anda kurang tidur dilansir dari Bustle.

1. Mempengaruhi Insulin

Kurang tidur dapat meningkatkan Stress adrenal dan resistensi seluler terhadap insulin. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dapat mengalami kelainan pada insulin. Dokter Anderson mengatakan, apabila Anda kurang tidur secara menerus dan mengalami kelainan pada insulin secara berkelanjutan dapat menyebabkan peningkatan pada risiko mengidap diabetes tipe 2.

2. Meningkatnya Hormon Tiroid

Banyaknya waktu tidur yang Anda dapat juga dapat mempengaruhi fungsi tiroid Ada. Dr Anderson, mengatakan kurang tidur yang terlalu parah dapat meningkatkan TSH yaitu hormon perangsang tiroid. 

Memiliki tingkat TSH yang tinggi menunjukkan bahwa metabolisme tubuh yang lebih lambat dan tiroid yang kurang aktif. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, rasa dingin dan rambut rontok.

3. Mengurangi Hormon Seks Anda

Kurang tidur juga dapat mempengaruhi hormon seks Anda. Ketika tubuh Anda stres dan kortisol meningkat produksi hormon seks termasuk testosteron, estrogen dan progesteron menjadi lebih sedikit. 

Dr Colbert mengatakan bahwa ini dapat menurunkan kadar testosteron yang berhubungan dengan libido yang rendah,  energi rendah dan konsentrasi yang buruk. Tidur cukup di malam hari sangatlah penting agar hormon tubuh Anda tetap seimbang sehingga semuanya dapat berfungsi dengan baik. 

(sumber: Liputan6.com)

Rabu, 31 Mei 2020 - 18:49 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru