Gubernur Riau Ajak Pelaku Parekraf dan UMKM Lakukan Promosi Digital

Rabu, 13 Oktober 2021 - 09:45 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Gubernur Riau Ajak Pelaku Parekraf dan UMKM Lakukan Promosi Digital Gubernur Riau Syamsuar audiensi bersama para pelaku parekraf dan UMKM di destinasi wisata Tangsi Belanda, Kabupaten Siak, pada Selasa (12/10/2021). foto Diskominfo Riau

SIAK - Akibat pandemi virus corona sejumlah usaha pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Riau banyak yang terdampak COVID-19. Kondisi ini tidak terjadi di Riau saja. Namun, juga terjadi di daerah-daerah lain di Indonesia. 

Upaya membangkitkan kembali sektor parekraf dan UMKM bisa melalui kreativitas pemanfaatan teknologi digital, agar bisa mempromosikan produk yang dihasilkan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar ketika melakukan audiensi bersama para pelaku parekraf dan UMKM. Bertempat di destinasi wisata Tangsi Belanda, Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, pada Selasa (12/10/2021).

"Kita bisa memanfaatkan teknologi digital. Saat ini, kita sudah bisa berkreativitas, berjualan lagi. Namun, wajib dengan protokol kesehatan yang juga harus kita perhatikan," kata Gubri Syamsuar, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif provinsi Riau Roni Rakhmat.

Ia menuturkan, Kota Siak merupakan satu diantara tujuan wisata sejarah di Riau. Pelaku parekraf dan UMKM di Siak harus mengikuti perkembangan yang bisa menarik kembali minat wisatawan untuk datang. Agar kunjungan wisatawan meningkat dan bisa membeli cinderamata dan oleh-oleh, untuk dibawa kembali ke daerah asal wisatawan. 

"Dengan digitalisasi maupun teknologi informasi tentunya semua boleh ikut memanfaatkannya. Tentunya untuk hal-hal yang positif. Perkembangan teknologi saat ini memberikan kesempatan pelaku parekraf dan UMKM untuk menunjukkan kreativitas. Kami hari ini datang untuk memberikan motivasi, karena kami juga lagi menggerakkan ekonomi kreatif," ucapnya.

Gubernur Riau menyatakan siap membantu mempromosikan produk-produk UMKM. Ia berpesan agar produk yang dihasilkan jangan hanya dipromosikan di Riau saja. Tapi harus bisa dipromosikan ke daerah lain.

"Saya sarankan mottonya 'Dari Siak Untuk Indonesia'," Syamsuar memberikan saran kepada pelaku parekraf dan UMKM.

Kunjungan kerja Gubernur Riau bertemu pelaku parekraf dan UMKM di Siak merupakan bentuk kepedulian dan dukungannya, serta memotivasi kepada anak muda Siak dan Riau agar bisa segera kembali bangkit dari situasi meskipun pandemi COVID-19. 

"Kita dan seluruh dunia tahu kalau saat ini masih dalam suasana pandemi. Namun, meskipun demikian kita harus bangkit agar perekonomian kita pulih dan bangkit," tandas Syamsuar. (MCR)

Rabu, 07 Oktober 2021 - 09:45 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru