Pemprov Riau Raih Penghargaan APE 2020, Ini Pesan Menteri PPPA

Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:16 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Pemprov Riau Raih Penghargaan APE 2020, Ini Pesan Menteri PPPA Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati

PEKANBARU - Kementerian Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI menyelenggarakan kegiatan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020. Pada ajang ini Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau meraih penghargaan. 

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengucapkan apresiasi terhadap jajaran para menteri, gubernur, bupati dan wali kota yang turut serta dalam strategi dalam setaraan gender.

"Pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat," kata Menteri Bintang Puspayoga ini.

Namun, menurutnya masih seringkali yang terjadi dalam pembangunan tersebut belum dirasakan setara oleh kaum perempuan. Hal ini disebabkan antara lain, karena kebijakan program dan kegiatan pembangunan, belum sepenuhnya memperhatikan adanya perbedaan.

"Baik perbedaan dari segi kebutuhan, pengalaman, dan kondisi lainnya yang ada dalam masyarakat yang bersifat kodrati maupun hasil konstruksi sosial yang terjadi. Sehingga dalam konteks pembangunan yang terjadi antara perempuan dan laki-laki berdampak pada adanya kesenjangan atas akses partisipasi, kontrol, dan manfaat," ujarnya. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional pengarusutamaan gender telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat vokalis utama dalam mewujudkan pembangunan yang inovatif dan adaptif.

"Sehingga dapat menjadi katalis pembangunan untuk menuju masyarakat sejahtera dan berkeadilan," ujarnya.

Oleh karena itu, melalui penghargaan APE ini dilakukan untuk memantau serta evaluasi terhadap pelaksanaan. Kemudian evaluasi pengarusutamaan gender baik di kementerian, lembaga serta di pemerintah daerah.

Ia menjelaskan pelaksanaan penerimaan penghargaan APE 2020 ini seharusnya berlangsung Tahun 2020. Namun, karena wabah pandemi COVID-19, maka pelaksanaan baru dilakukan pada Tahun 2021.

Sebanyak 13 di tingkat kementerian dan lembaga, 29 di tingkat provinsi dan 266 di tingkat kabupaten dan kota se Indonesia meraih penghargaan APE 2020 ini 

"Harapannya jumlah yang meraih penghargaan APE nantinya dapat terus meningkat. Kita juga berharap kegiatan ini dapat bekerja sama dengan negara Asean terutama dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan pengarusutamaan gender di Indonesia kedepannya," tuturnya.

Mewakili Pemprov Riau, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Riau,  Tengku Hidayati Effiza mengikuti penerimaan penghargaan secara virtual di Pekanbaru, pada Rabu (13/10/2021). (MCR)

Rabu, 20 Oktober 2021 - 15:16 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru