Pelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Pekanbaru Bertambah Menjadi 4 Jam

Rabu, 20 Oktober 2021 - 10:29 WIB Pendidikan

Berita Terkait

Pelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Pekanbaru Bertambah Menjadi 4 Jam Kadisdik Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas.

PEKANBARU - Durasi pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas sekolah di Kota Pekanbaru, Riau, berlangsung mulai, Senin (18/10/2021). Penambahan durasi menjadi empat jam dari sebelumnya tiga jam maksimal berada di sekolah.

"Ada penambahan satu jam belajar di sekolah, agar PTM lebih efektif. Kita bakal terapkan Senin ini," terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas, Senin (18/10/2021).

Tim bidang pendidikan SD dan SMP sudah mempersiapkan teknis penambahan durasi jam belajar. Ia mengatakan proses sosialisasi sudah dilakukan ke seluruh sekolah.Ismardi menyadari sejumlah sekolah belum bisa menambah durasi jam belajar. Kondisi ini karena terdapat keterbatasan ruang kelas.

"Jadi yang tidak bisa empat jam nanti tetap belajar selama tiga jam seperti PTM terbatas sebelumnya," jelasnya.

Dirinya mengatakan bahwa mayoritas sekolah menyanggupi penambahan durasi belajar sebanyak satu jam. Adanya penambahan durasi belajar ini seiring Kota Pekanbaru yang mengalami tren penurunan kasus Covid-19.

Ia menyebut ada sejumlah SD yang tidak bisa menerapkan penambahan durasi karena keterbatasan ruang kelas. Kondisi tersebut karena banyak SD menerapkan dua sesi belajar dalam sehari.

Sedangkan mayoritas SMP bisa menambah durasi PTM satu jam dari sebelumnya. "Maka kita pastikan penerapannya mulai pekan ini," ulasnya.

Ismardi mengingatkan agar sekolah tidak membuat kebijakan sendiri. Mereka mesti mengikuti kebijakan dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri terkait belajar tatap muka. (**)

Rabu, 30 September 2021 - 10:29 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru