COVID-19 Diluar Negeri Meningkat, Pemerintah Diminta Waspada

Jumat, 22 Oktober 2021 - 13:55 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

COVID-19 Diluar Negeri Meningkat, Pemerintah Diminta Waspada Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan

PEKANBARU - Kasus COVID-19 di Indonesia khususnya di Riau saat ini terus mengalami penurunan. Namun, dibeberapa negara lain atau diluar negeri kasus COVID-19 kembali meningkat.

Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan mengatakan, banyak pihak memprediksi bahwa pada akhir tahun ini bisa terjadi gelombang ketiga penularan COVID-19. Beberapa penyebabnya bisa karena ada virus yang bermutasi dan juga karena masyarakat sudah abai terhadap protokol kesehatan.

"Seperti sekarang ini di Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, dan Vietnam kasusnya sedang meningkat. Bahkan di Rusia pun saat ini bisa sampai 37 ribu per hari penambahan pasiennya," kata Wildan, Jumat (22/10/21).

Karena itu, pihaknya mengimbau pemerintah dapat lebih waspada terutama kepada orang-orang yang baru datang dari luar negeri. Pemberlakuan karantina bagi orang yang baru datang dari luar negeri juga harus kembali diberlakukan.

"Hal tersebut agar ketika ada varian baru, bisa segera diisolasi sehingga tidak menularkan kepada orang lain," ujarnya.

Selain itu, pelonggaran kegiatan yang sudah diberlakukan saat ini juga harus diawasi lagi. Seperti dengan melakukan razia protokol kesehatan terutama ditempat keramaian.

"Seperti ditempat makan, karena saat makan melepas masker, tapi setelah selesai makan maskernya lupa dipakai lagi. Jadi hal-hal seperti ini yang harus diingatkan lagi," sebutnya. (MCR)

Jumat, 28 Oktober 2021 - 13:55 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru