Chairul Riski : Keterampilan Berinternet Sehat Penting Dalam Transformasi Digital

Selasa, 23 November 2021 - 16:42 WIB Iptek

Berita Terkait

Chairul Riski : Keterampilan Berinternet Sehat Penting Dalam Transformasi Digital Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski

PEKANBARU - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski menyampaikan bahwa keterampilan berinternet secara sehat menjadi hal yang sangat penting dalam transformasi digital saat ini.

Ia menerangkan, kecakapan masyarakat dalam mengelola teknologi digital yang sehat menjadi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu sebutnya, keadaan tersebut tentunya diharapkan dapat tercapai melalui kegiatan literasi digital.

"Kita harapan literasi netizen fair ini dapat menciptakan kondisi masyarakat bisa berinternet secara sehat," sebutnya, saat memberikan kata sambutan dalam acara literasi netizen fair di Kota Pekanbaru, berlangsung di Aryaduta Hotel Pekanbaru, Selasa (23/11/21).

Chairul Riski menuturkan, kegiatan literasi netizen fair ini dilaksanakan dalam beberapa hal, yaitu mendorong peningkatan pengetahuan kecakapan konten positif, meningkatkan kecakapan menangkal konten negatif seperti ujaran kebencian, SARA, dan sebagainya.

Selanjutnya, mendorong pengembangan kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru. Sehingga masyarakat tidak gagap dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ada, serta memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam teknologi baru tersebut.

Kemudian ia menambahkan, hal lainnya yaitu membentuk dan memberdayakan komunitas guna menguatkan wawasan, memberdayakan, dan memfasilitasi komunitas guna meningkatkan kecakapan di bidang digitalisasi ini.

Serta mendorong pengguna internet untuk menggunakan internet secara bijak dan bertanggung jawab sehingga tercipta masyarakat Riau yang berdaya saing dan berbasis teknologi informasi.

"Jadi, memang saat ini kita setiap saat menggunakan HP. Kita di pemerintah membatasi penggunaan HP, salah satunya di acara rapat. Pada saat rapat hp dikumpulkan dan hanya fokus ke rapat," ucapnya.

Kadis Kominfotik berharap, dengan diselenggarakannya literasi terkait berinternet sehat kepada masyarakat di Provinsi Riau, maka diharapkan dapat mewujudkan generasi Riau yang cerdas dalam penggunaan internet untuk Indonesia yang lebih baik.

"Mari perkuat teknologi digital cerdas dan sehat untuk memajukan generasi milenial kita," tutupnya. (MCR)

Selasa, 27 Juli 2018 - 16:42 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru