Gubri dan Istri Diberi Penghargaan Ayah dan Bunda Yatim Piatu Provinsi Riau

Kamis, 16 Desember 2021 - 15:17 WIB Peristiwa

Berita Terkait

Gubri dan Istri Diberi Penghargaan Ayah dan Bunda Yatim Piatu Provinsi Riau

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dan istrinya Misnarni Syamsuar diberikan penghargaan sebagai Ayah dan Bunda Yatim Piatu Provinsi Riau oleh Forum Nasional (FN) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) / Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA). Berlangsung di Grand Zuri Hotel Pekanbaru, Kamis (16/12/2021).

Penghargaan ini diberikan karena Gubri dan istri dinilai telah menjadi kepala daerah yang peduli terhadap anak-anak di panti asuhan dalam rangka Implementasi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 di Provinsi Riau.

Sekjen FN LKSA PSAA, Ahmad Suhari menerangkan bahwa rencana pemberian penghargaan ini sudah dipersiapkan sejak dua tahun lalu. Yaitu sejak lahirnya UU nomor 23 tahun 2014 tentang otonomi daerah. Bahwa kewenangan Kementerian Sosial telah diserahkan kepada daerah yaitu pembinaan, pengasuhan, bantuan dasar diserahkan kepada provinsi.

"Untuk itu kami FN LKSA PSAA telah membuat persiapan untuk memberikan penghargaan kepada Bapak Gubernur Riau. Karena dengan alasan Pemerintah Riau, baik DPRD, kepala dinas dan pak gubernur telah membantu anak yatim di Provinsi Riau. Dengan itu kami begitu bangga dan bahagia UU itu sudah mulai dilaksanakan," ucapnya.

Sekjen FN LKSA PSAA menjelaskan, Provinsi Riau ini merupakan satu-satunya Provinsi di Indonesia yang sudah melaksanakan UU Nomor 23 tahun 2014 untuk bantuan anak-anak yang ada di dalam panti asuhan di Riau.

Ia mengungkapkan, provinsi lain bukan tidak menjalankannya. Akan tetapi provinsi lain hanya memberikan dalam bentuk hibah yang tidak berjalan setiap tahun terus menerus. Akan tetapi Provinsi Riau telah menganggarkan berdasarkan UU yaitu membantu anak yatim seluruhnya setiap tahun.

"Ini adalah bagian dari kebahagiaan anak yatim di Provinsi Riau, karena punya ayah dan pemimpin yang sangat peduli kepada mereka semua," sebutnya.

Ahmad Suhari menambahkan, pada saat dilaksanakannya rapat nasional di Bandung membahas terkait penghargaan yang diberikan kepada Gubri tersebut, pihaknya telah mengundang Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau untuk memaparkan bagaimana Provinsi Riau itu bisa memberikan anggaran terus menerus kepada panti asuhan dan lembaga kesejahteraan sosial di Riau. 

"Akhirnya beliau (Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau) menyampaikan begitu detail, itulah akhir keputusan yang akhirnya forum nasional memberikan penghargaan kepada Bapak Gubernur Provinsi Riau," sebutnya.

Ia menerangkan, pemberian penghargaan ayah dan bunda anak yatim Provinsi Riau ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 078 FN LKSA 2021. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan di Jakarta, 14 Desember 2021.

"Inilah keputusan yang telah ditetapkan. Semoga ini menjadi awal kebanggaan dan kebahagiaan bagi anak yatim Provinsi Riau," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Gubri mengucapkan terima kasih dan merasa terharu atas diberikannya penghargaan tersebut. Jelasnya, kesejahteraan anak yatim dan anak terlantar merupakan bagian tugas pemerintah bagaimana memperhatikan anak yatim anak terlantar dan itu merupakan amanah UU dan amanah agama.

Diakui Gubri, sebelumnya ia tidak pernah terharu saat mendapat penghargaan. Karena menurutnya ini adalah tugas dan tanggung jawabnya.

"Jadi karena itu tentunya, saya merasa terhormat dari pengurus LKSA dan PSAa pusat. Ini jadi motivasi kami memperhatikan anak yatim anak terlantar di Provinsi Riau bersama ibu (Istrinya)," tutupnya. (MCR)

Kamis, 09 Desember 2021 - 15:17 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru