Wagubri Serahkan Piagam Penghargaan Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Riau

Selasa, 28 Desember 2021 - 15:17 WIB Peristiwa

Berita Terkait

Wagubri Serahkan Piagam Penghargaan Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Riau

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution didampingi Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Dukcapil Provinsi Riau Raja Saspi Kurniawan menyerahkan langsung piagam penghargaan dan bantuan dana pembangunan desa/kelurahan kepada pemenang lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2021. 

Dalam sambutannya, Wagubri memberikan apresiasi dan selamat kepada desa/kelurahan yang memenangkan perlombaan. Pihaknya berharap ini bisa menjadi pemikiran ke depan tentang bagaimama membuat sebuah inovasi di desa/kelurahan sehingga bisa menjadi desa/kelurahan mandiri.

"Tentu ini kuncinya niat dan kemauan bersama," ungkapnya. 

Menurutnya, dilakukannya lomba desa/kelurahan tersebut sangat berdampak baik bagi pemerintah, karena melalui itu dapat mengevaluasi, menilai dan mendorong pemerintah desa/kelurahan untuk bersama masyarakat mengoptimalkan potensi yang ada diwilayahnya. 

"Tidak hanya itu, juga dapat mengetahui capaian yang ada di desa/kelurahan selama periode 1 tahun kebelakangan dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masayarakat desa kelurahan masing-masing pada aspek penyelenggaraan pemerintahan kewilayahan serta kemasyarakatan," jelasnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Dukcapil Provinsi Riau, Raja Saspi Kurniawan mengatakan melalui perlombaan tersebut pihaknya memberikan apresiasi kepada desa/kelurahan yang telah melakukan inovasi sesuai indikator penilaian yang tertuang dalam Peremendagri Nomor 81 Tahun 2015. 

"Sesuai RPJMD Provinsi Riau 2019-2024, diharapkan desa/kelurahan ini dapat menyelesaikan dan menjawab permasalahan yang ada di desa/kelurahan," jelasnya. 

Perlombaan ini merupakan tindak lanjut dan evaluasi terhadap perkembangan desa/kelurahan sesuai Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. 

Dalam Permendagri tersebut, terdapat beberapa poin terkait pelaksanaan lomba desa/kelurahan yang mengandung unsur penilaian yaitu melalui bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. 

Adapun pemenang lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2021 yaitu, juara pertama lomba desa dari Desa Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, lalu disusul Desa Pematang Tinggi kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan, dan Desa Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak. 

Sedangkan juara pertama kategori lomba kelurahan diraih oleh Kelurahan Damon Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, lalu disusul Kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru, dan Kelurahan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. (MCR)

Selasa, 29 November 2021 - 15:17 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru