Warga di Kabupaten Rokan Hulu, Riau Mendengar Suara Auman Harimau

Sabtu, 23 April 2022 - 20:35 WIB Peristiwa

Berita Terkait

Warga di Kabupaten Rokan Hulu, Riau Mendengar Suara Auman Harimau re/ded

ROHUL, kabarmelayu.com - Warga di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau, mengaku mendengar auman suara harimau. Warga juga mengaku melihat jejak kaki hewan berukuran besar dan kecil.

"Saya kaget ada suara auman harimau, pada tanggal 10 April 2022 sekitar pukul 03.00 wib pak," ucap Safari (36) warga tempatan, Sabtu (23/4/2022).

Dia bersama keluarganya tinggal di kebun yang terletak sekitar 800 meter dari perkampungan yang ada di Desa Suka Maju. Setelah mendengar suara auman Safari menelpon tetangganya.

Di tempat yang sama, Murahem (28) tetangga Safari membenarkan dan mendengar auman suara harimau, kebetulah mereka bertetangga yang berjarak sekitar 100 meter.

“Saya juga mendengar suara auman harimau pak,” kata Murahem.

Setelah rasa takutnya hilang, sambung Murahem, sekitar pukul 14.00 Wib dia kembali ke daerah tempat dia mendengar hewan tersebut. Saat itulah dia menemukan beberapa jejak kaki harimau yang besar dan yang kecil.

"Baru sekali ini mendengar auman dan menemukan jejak hewan berukuran besar dan kecil. Sebelumnya belum pernah ada pak, jarak kaki harimau yang saya temukan dari rumah saya sekitar 150 meter," ujar Murahem.

Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery Samosir bersama Bhabinkamtibmas Polsek Rambah Bripka JM. Sinaga langsung mendatangi dan menanyakan informasi tersebut.

Dengan menggunakan kendaraan roda dua, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas Desa Suka Maju mendatangi rumah warga yang mendengar auman harimau.

"Benar warga kami ada mendengar suara auman harimau dan melihat jelas jejak kakinya," jelas Serda Dedy Nofery Samosir.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BBKSDA Provinsi Riau. Selain itu, dia menghimbau warga agar waspada saat beraktivitas seorang diri di kebun.

"Tadi pagi saya sudah hubungi pihak BBKSDA Riau. Mereka minta mengirimkan lokasi kejadiannya agar dapat ditindaklanjuti dan itu sudah saya berikan informasinya," tegasnya.

Tidak sampai disitu, Serda Dedy Nofery Samosir juga diminta warga agar tidak mengambil tindakan yang melanggar hukum apabila berjumpa dengan harimau. 

"Saya menghimbau kepada warga jangan sampai melakukan perbuatan yang melanggar hukum terhadap hewan yang dilindungi," tutupnya.(ded)

Sabtu, 29 Oktober 2021 - 20:35 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru