3 Mahasiswa Polbeng Lulus Program Flagship Kampus Merdeka Iismavo 2022

Jumat, 10 Juni 2022 - 23:06 WIB Pendidikan

Berita Terkait

3 Mahasiswa Polbeng Lulus Program Flagship Kampus Merdeka Iismavo 2022 Diskominfotik Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS - 3 Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) berhasil lulus Program Flagship Kampus Merdeka Iismavo 2022.

Iismavo merupakan Program Indonesian Internasional Mobilty Award Jalur Vokasi yang pertama dalam sejarah vokasi. 

Program tersebut diluncurkan oleh Kemendikbudristek RI khusus untuk mahasiwa vokasi D3 dan D4.

Mahasiswa yang lulus akan kuliah dan mendapatkan pengalaman di industri selama 1 semester di 11 negara yang sudah menjadi mitra Iismavo. Diantaranya, Amerika, Prancis, Inggris, Jerman, Hungaria, Turki, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia dan Australia.

Selain mendapatkan pengalaman kuliah di luar negeri, mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman magang, kunjungan ke industri serta berkolaborasi dengan dunia industri seperti Marcedes Benz di Inggris, Bosch di Jerman, Lincoln Welding di Amerika, Hyundai di Korea Selatan dan lain sebagainya.

Menanggapi kelulusan 3 mahasiswanya, Direktur Polbeng, Johny Custer menyampaikan rasa bangganya dan memberikan apresiasi kepada ketiga mahasiswanya tersebut.

Johny menjelaskan bahwa kelulusan ketiga mahasiswa melalui beberapa tahapan seleksi yang ketat, mulai dari tahapan seleksi administrasi lalu test interview dan test kebhinekaan.

“Alhamdulillaah, hari ini mereka dinyatakan lulus. Saya berikan apresiasi, selamat untuk mereka bertiga. Kelulusan mereka merupakan kebanggaan bagi Polbeng. Mudah-mudahan hal ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa Polbeng lainnya,” ungkap Johny.

Johny juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport dan membimbing para mahasiswanya, sehingga akhirnya mereka bisa lolos untuk mengikuti program Iismavo.

“Terima kasih kepada seluruh Ketua Jurusan, Kepala Kantor Urusan Internasional Polbeng, Kepala Unit Penunjang Akademik Bahasa dan Tim, juga untuk seluruh Civitas Akademika Polbeng dan masyarakat Bengkalis yang terus mendukung dan bekerja sama untuk kemajuan Polbeng dan pendidikan di Bengkalis pada umumnya,” ujar Johny.

Lalu, Johny menjelaskan bahwa salah satu syarat untuk mengikuti Program Iismavo adalah kemampuan berbahasa asing.

Hal itu, lanjut Johny, menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Polbeng untuk meningkatkan kemampuan bebahasa asing di lingkungan Polbeng dan masyarakat sekitar.

Kemudian Johny menjelaskan bahwa kelulusan ketiga mahasiswanya itu melalui beberapa tahapan seleksi yang ketat, mulai dari tahapan seleksi administrasi lalu test interview dan test kebhinekaan.

Lebih lanjut Johny menjelaskan bahwa ketiga mahasiswanya tersebut termasuk dalam 410 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang dinyatakan lulus oleh Tim Iismavo dari 3.517 mahasiswa yang ikut mendaftar.

“Ada 22 mahasiswa Polbeng yang ikut mendaftar dan 3 yang lulus. Sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga semua urusan untuk keberangkatannya lancar. Bagi mereka yang belum beruntung, jangan putus asa, tetap semangat dan lebih giat belajar semoga sukses ke depannya,” pungkas Johny.

3 orang Mahasiswa Polbeng yang lulus Program Flagship Kampus Merdeka Iismavo 2022 yakni.

- Iis Farida Okta, Mahasiswa Semester IV, Prodi D4 Sarjana Terapan Administrasi Bisnis International, yang akan kuliah di University Polytechnic Hauts-de-France, Prancis.

- Rozy Pratama, Mahasiswa Semester IV, Prodi D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, yang akan kuliah di Minghsin University Science and Technology, Taiwan.

- Dwi Putriani, Mahasiswa Semester IV, Prodi D4 Rekayasa Perangkat Lunak, yang akan kuliah di Hanbat University, Korea.

Mahasiswa tersebut akan kuliah selama 1 semester atau lebih kurang 6 bulan dan direncanakan berangkat pada Juli atau Agustus mendatang.(inf/dkf)

Jumat, 07 September 2021 - 23:06 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru